Pengertian Tarikh Tasyri dan ruang lingkupnya

Apakah Anda sedang mencari pengertian tarikh tasyri dan ruang lingkupnya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

pengertian tarikh tasyrif dan ruang lingkupnya

Soal: Apa yang di maksud dengan tarikh Tasyri

Jawaban:

Dari makna tarikh dan tasyri‘ dapat kita simpulkan, tarikh tasyri‘ adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang sejarah atau riwayat penetapan hukum atau keadaan hukum islam sejak zaman Rasulullah SAW. hingga saat ini.

Istilah tarikh berasal dari bahasa Arab yang artinya menurut bahasa adalah ‘ketentuan masa’. Sedangkan menurut istilah dalam kitab-kitab adalah ‘keterangan yang menerangan hal ihwal umat dan segala sesuatu yang telah terjadi di kalangannya pada masa yang telah lampau atau pada masa yang masih ada’.

Selain itu kata istilah tarikh juga digunakan dalam artian perhitungan tahun. Atau yang lebih populer dan sederhana diartikan dengan sejarah atau riwayat. Sedangkan istilah tasyri’ asal katanya adalah syari’at yang secara berarti penetapan hukum. Adapun secara istilah tasyri’ adalah penetapan undang-undang atau hukum dalam agama islam.

Menurut Ali as-Sais, tarikh tasyri’ adalah ilmu yang membahas keadaan hukum pada zaman Rasul dan masa sesudahnya dengan uraian dan priodesasi perkembangan hukum, dan hal-hal yang berkaitan dengannya,  serta membahas spesifikasi keadaan fuqoha dan mujtahid serta usaha-usaha mereka dalam merumuskan hukum.

Lebih jauh lagi Ali as-Sais mengatakan bahwa tarikh tasyri’ adalah ilmu yang membahas keadaan hukum islam secara priodik dari masa kerasulan hingga masa kini kaitannya dengan bagaimana epitesmologi para fuqoha, mujtahid dalam merelasikan antara teks suci dan konteks secara holistikal, hingga melahirkan produk fiqih tertentu.

Inilah yang membedakan secara prinsip produk fiqih dengan produk penalaran, yaitu produk yang murni digali dan dikembangkan dari masalah-masalah sosial kaitannya dengan penalaran rasional. Dari makna tarikh dan tasyri’ dapat kita simpulkan, tarikh tasyri’ adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang sejarah atau riwayat penetapan hukum atau keadaan hukum islam sejak zaman Rasulullah SAW. hingga saat ini.

Ruang Lingkup Tarikh Tasyri’

Ruang lingkup tarikh tasyri’ menurut Dr. Rasyad Hasan Khalil  dalam bukunya Tarikh Tasyri’ ada tiga, yaitu:

  • Al-Ahkam al-i’tiqadiya (hukum-hukum teologis), yaitu semua hukum yang berkaitan dengan akidah islam seperti iman kepada Allah, Rasul, Malaikat, Hari kiamat,surga dan neraka dan lain sebagainya.
  • Al-Ahkam al-wijdaniya (hukum-hukum berkaitan dengan intuisi hati), yaitu setiap yang berkaitan dengan masalah akhlak batin, perasaan jiwa seperti zuhud, wara’, iffah, sabar, bijak, dermawan dan yang lainnya.
  • Al-Ahkam al-‘amaliyah (hukum-hukum berkaitan dengan amal perbuatan), yaitu setiap perbuatan indrawi atau amali seorang hamba seperti shalat, zakat, dan yang lainnya.

Baca juga : Apa sajakah jasa seorang ibu

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang pengertian tarikh tasyri dan ruang lingkupnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama berikutnya.