Pengertian Musim Semi

Apakah Anda sedang mencari pengertian musim semi, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan apakah definisi musim semi yang biasa terjadi di negara Jepang dan Praha.

pengertian musim semi

Apa Pengertian Musim Semi?

Musim semi adalah salah satu dari empat musim di daerah subtropis, peralihan dari musim dingin ke musim panas.

Musim semi juga merupakan periode dimana musim semu equinox dan matahari pada musim panas mengalami titik balik.

Pada masa ini posisi kemiringan bumi terhadap posisi matahari juga berbeda sehingga mengakibatkan perbedaan suhu di bumi. Karena adanya fenomena equinox inilah yang membuat durasi atau lama waktu malam dan waktu siang berdurasi sama.

Perbedaan posisi titik balik bumi terhadap matahari ini juga mempengaruhi terjadinya musim semi di bumi. Belahan bumi bagian Utara mengalami musim semi sekitar bulan Maret hingga Juni sedangkan di belahan bumi bagian selatan mengalami musim semi di bulan September hingga Desember.

Banyak juga yang menyebut musim semi ini sebagai musim peralihan antara musim dingin dengan musim panas. Karena itu suhunya juga tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

Di belahan utara bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 21 Maret hingga 21 Juni, sementara di belahan selatan bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember. Musim semi terjadi setelah musim dingin, di mana tumbuh-tumbuhan mekar kembali, karena itulah musim semi juga disebut “musim bunga”.

Musim semi membuat siang hari menjadi lebih panjang daripada malam hari. Hawa di musim semi biasanya terasa agak panas karena menjelang musim panas. Berbeda dengan musim gugur yang udaranya terasa agak dingin karena menjelang musim dingin.

Baca juga Ciri-Ciri Musim Semi (Spring)

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang pengertian musim semi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ilmu berikutnya.

2 thoughts on “Pengertian Musim Semi”

  1. terimakasih min, dengan ini saya mengerti beberapa musim semi 🙂

    perkenalkan saya, Evan Maulana dari ISB Atma Luhur

    Reply

Leave a Comment