Pengertian Geologis dan Yuridis Landas Kontinen

Apakah Anda sedang mencari pengertian geologis, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan arti geologis dan yuridis landas kontinen.

Letak geologis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan struktur dan komposisi batuan yang membentuk bumi.

Dalam buku Cakrawala Geografis 2 (2007), batu-batuan yang terdapat di Indonesia sangat erat hubungannya dengan sistem pegunungan yang ada di Indonesia.

Letak geologis wilayah Indonesia sangat strategis. Setiap wilayah akan memiliki perbedaan dengan wilayah yang lain, begitu juga Indonesia.

Memang secara geologis, dasar laut dan tanah dibawahnya yang terletak di bawah perairan laut, disebut landas kontinen dalam arti geologis. Landas kontinen dalam pengertian geologis ini tentu saja meliputi seluruh dasar laut dan tanah dibawahnya baik yang terletak dibawah laut teritorial, sebagaimana halnya dengan laut teritorial itu sendiri adalah merupakan wilayah negara, maka hal ini berarti landas kontinen dalam pengertian geologis itu secara yuridis terbagi menjadi menjadi dua bagian yakni yang terletak di bawah laut teritorial dan yang terletak di luar area laut teritorial atau berada di luar kedaulatan negara pantai.

pengertian geologis dan yuridis landas kontinen

Baca juga Keuntungan dan kerugian letak astronomis, geografis, geologis

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang pengertian geologis. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geologis berikutnya.

Leave a Comment