6 Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan Masyarakat

Apakah Anda sedang mencari pengaruh letak geologis indonesia, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan pengaruh letak geologis indonesia terhadap kehidupan masyarakat seperti sektor pertanian, ekonomi, budaya.

pengaruh letak geologis indonesia
pengaruh letak geologis Indonesia

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Pengaruh letak Geologis negara Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Memiliki banyak gunung aktif

Dengan letak geologisnya, Indonesia memiliki banyak gunung yang masih aktif. Banyaknya gunung disebabkan karena wilayah Indonesia dilalui oleh rangkaian Sirkum pegunungan Mediterania. Sirkum Mediterania terdiri dari rangkaian pegunungan api yang masih muda, sehingga lebih berpotensi untuk aktif.

Dalam buku Gunung Berapi di Indonesia (2019) karya Eko Titis Prasongko, Indonesia mempunyai sekitar 129 buah gunung api aktif atau sekitar 13 persen dari gunung api aktif di dunia.

Seluruh gunung api tersebut berada di jalur tektonik yang memanjang mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kepulauan Banda, Halmahera, dan Kepulauan Sangir Talaud.

Jalur gunung berapi tersebut merupakan bagian dari salah satu jalur pegunungan besar dunia yaitu Sirkum Mediterania yang diawali dari pegunungan Ural di perbatasan antara Eropa dan Asia.

Kondisi itu membuat Indonesia masuk daerah rawan bencana gunung meletus. Karena lebih dari 10 persen populasi penduduk berada di kawasan rawan bencana gunung berapi.

2. Kaya akan barang tambang

Dengan letak geologisnya Indonesia kaya akan sumber daya alam berupa tambang dan mineral.

Karena wilayah Indonesia banyak terdapat cekungan sendimen. Akibatnya banyak terjadi aktivitas teknonik di wilayah Indonesia.

3. Memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi

keanekaragaman hayati adalah variasi kehidupan yang ditemukan di suatu tempat di bumi. Keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup.

Keanekaragaman hayati di Indonesia tinggi, baik flora atau fauna. Karena salah satunya dipengaruhi oleh dua dangkalan yang melalui wilayah Indonesia.

Dalam buku Melestarikan Alam Indonesia (2008) karya Jatna Supriatna, keanekaragaman hayati Indonesia jumlahnya sangat tinggi, baru sekitar 6.000 spesies tumbuhan, 1.000 spesies hewan, dan 100 spesies jasad renik yang telah diketahui potensinya dan dimanfaatkan masyarakat.

4. Memiliki tanah subur

Banyaknya aktivitas gunung berapi yang ada membuat tanah di Indonesia subur.
Tanah vulkanik terbentuk dari lahar dan abu.

Lahar dan abu kaya akan mineral, seperti zat besi, kalsium, megnesium, sodium, atau silikon. Kondisinya cukup bagus untuk pertanian dan perkebunan. karena aktivitas gunung merapi menghasilkan tanah vulkanik.

Tanah vulkanik mengandung banyak unsur hara yang menjadi indikator kesuburan tanah. Kondisi tanah vulkanik dipengaruhi oleh mineral dan partikel di dalamnya, polutan, dan lainnya.

5. Sering terjadinya gempa

Indonesia terletak diantara tiga lempeng utama di dunia, yaitu lempeng Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kondisi itu menyebabkan Indonesia sering terjadi gempa bumi tektonik ataupun gempa bumi vulkanik.

Gempa bumi bisa terjadi akibat tumbukan antar lempeng utama. Gempa yang terjadi di Indonesia bervariasi, ada kecil dam besar di bandingkan dengan gempa yang terjadi di negara-negara lain. Bahkan sebagian besar wilayah Indonesia sangat rawan terjadinya gempa bumi.

6. Laut di Indonesia memiliki kedangkalan

Laut barat memiliki kedalaman laut dalam. Di wilayah Indonesia tengah dan timur terdiri dari lautan dengan kedalaman yang dangkal.

Itu terjadi karena kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.

Baca juga Dampak Positif dan Negatif Letak Geologis Indonesia

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang pengaruh letak Geologis Indonesia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Geologi berikutnya.

Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/06/133000669/pengaruh-letak-geologis-indonesia

Leave a Comment