Partikel bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom adalah

Apakah Anda sedang mencari partikel bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom adalah, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

partikel bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom adalah

Soal: partikel bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom adalah

Jawaban:

Partikel bermuatan positif yang terdapat di dalam inti atom disebut proton. Selain proton, di dalam inti atom juga terdapat partikel tidak bermuatan yang disebut neutron.

Pembahasan:

Atom merupakan bagian terkecil penyusun unsur. Menurut teori atom Bohr, suatu atom terdiri dari dua bagian yaitu inti atom dan kulit atom. Di dalam inti atom terdapat dua partikel yaitu proton dan neutron. Partikel proton adalah partikel yang bermuatan positif sedangkan neutron adalah partikel tidak bermuatan (netral). Pada kulit-kulit atom terdapat elektron yang mengelilingi inti atom. Partikel proton, neutron dan elektron di dalam suatu atom disebut partikel sub atomik.

Di dalam satu atom, jumlah proton dan elektron harus sama agar atom berada dalam keadaan netral. Oleh karena itu, di dalam inti atom harus ada neutron yang bertujuan menjaga agar proton dan elektron tidak saling tarik menarik. Jumlah proton dan jumlah elektron dalam atom dapat ditentukan dari nomor atom suatu unsur. Sedangkan jumlah neutron ditentukan dari selisih massa atom dengan nomor atom.

Sebagai contoh 11Na23 artinya unsur natrium memiliki nomor atom 11 dan massa atomnya 23. Di dalam inti atom terdapat 11 proton dan 12 elektron dan di kulit atom terdapat 11 elektron.(SL).

Baca juga: Rumus kimia yang merupakan molekul senyawa

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang partikel bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom adalah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kimia berikutnya.