Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal

Teknik Area – Tahukah anda Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal namanya disebut apa?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang siapa yang bertugas melayani telekomunikasi di atas kapal. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai orang yang melayani telekomunikasi di kapal secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Orang yang melayani Telekomunikasi di kapal disebut markonis kapal.

orang yang melayani telekomunikasi di kapal (1)
orang yang melayani telekomunikasi di kapal : markonis kapal

Pembahasan

Markonis atau yang dengan nama lain disebut radio officer/spark adalah operator radio atau komunikasi di dalam kapal yang bertanggungjawab akan kondisi kapal walaupun terjadi hal yang tidak diinginkan seperti badai, angin, petir dan lain-lain.

Markonis memiliki tugas melaporkan hal apa saja yang terjadi selama kegiatan pelayaran seperti kapal oleng,bocor dll sehingga dapat diantisipasi kejadian tersebut yang mengakibatkan kapal aman kembali dan tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Markonis melaporkan kepada nakhoda kemudian ditindaklanjuti oleh nakhoda jika terjadi gangguan atau masalah selama proses berlayar yang dapat mengganggu kenyamanan tiap anggota yang berada diatas kapal.

Namun seiring berjalannya waktu muncul alat yang dinamakan INMARSAT(International Maritime Satelite) dan GMDSS (Global Maritime Distress Safety Sistem ) yang mana kedua alat tersebut dapat menggantikan peran markonis. Alat tersebut lebih canggih dan akurat dalam melaporkan keadaan kapal karena menggunakan sistem satelit yang memungkinkan mengirimkan berita melalui e-mail maupun telepon .

Posisi markonis terancam karena banyak perusahaan menggunakan INMARSAT dan GMDSS guna mengefektifkan kinerja manusia dan demi kemajuan dunia pelayaran. Dan pemerintah menjembatani markonis dengan diprioritaskan untuk mengikuti sertifikasi Mualim III/ANT Deck III dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Baca juga  3 Jenis Bahan Bakar Untuk Kapal Laut

Baca juga: Jenis-jenis Kapal Laut di Indonesia dan Fungsinya

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang orang yang melayani telekomunikasi di kapal. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kapal berikutnya.

Leave a Comment