Mengapa pendapatan nelayan berbeda antar musim

Apakah Anda sedang mencari mengapa pendapatan nelayan berbeda antar musim, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

mengapa pendapatan nelayan berbeda antar musim

Soal: mengapa pendapatan nelayan berbeda antar musim

Jawaban: Bagi nelayan, kegiatan mencari ikan di laut sangat tergantung pada cuaca. Jika cuaca mendukung, hampir setiap hari para nelayan berangkat melaut. Kecuali hari Jum’at yang biasa digunakan sebagai hari libur. Tapi jika cuaca buruk seperti musim angin barat sebagian dari mereka tidak berani melaut. 

Penjelasan:

Nelayan adalah orang/individu yang aktif dalam melakukan penangkapan ikan dan binatang air lainnya.Tingkat kesejahteraan nelayan sangat ditentukan oleh hasil tangkapannya.Banyaknya tangkapan tercermin juga besarnya pendapatan yang diterima oleh nelayan yang nantinya sebagian besar digunakan untuk konsumsi keluarga.

Dengan demikian tingkat pemenuhan kebutuhan konsumsi keluarga sangat ditentukan oleh pendapatan yang diterimanya.

Masyarakat sekitar PPP Asemdoyong sebagian besar menggantungkan penghidupannya pada sumberdaya pesisir dan laut yang mempunyai resiko tinggi bila cuaca buruk terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data yang digunakan adalah data produksi hasil tangkapan, arah dan kecepatan mata angin, temperatur dan curah hujan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2009-2013 arah angin cenderung ke arah Barat Daya pada musim barat dan musim peralihan 1 sedangkan pada musim timur dan musim peralihan 2 ke arah Selatan. Kecepatan angin tertinggi terjadi pada musim peralihan 2 dan terendah pada musim peralihan 1.

Temperatur udara tertinggi terjadi pada musim peralihan 2 dan terendah pada saat musim barat. Curah hujan tertinggi terjadi pada musim barat dan terendah pada musim peralihan 2. Apabila kegiatan penangkapan menggunakan cantrang tidak memberikan jaminan ekonomi bagi nelayan, maka opsi-opsi yang tersedia akan dimanfaatkan untuk mempertahankan kelangsngan hidup.

Baca juga : Apa pekerjaan utama masyarakat pesisir

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang mengapa pendapatan nelayan berbeda antar musim . Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel sosial budaya berikutnya.

Don`t copy text!