Manfaat, Kegunaan dan Fungsi Aspal

Apakah Anda sedang mencari manfaat aspal, fungsi aspal, kegunaan aspal, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan manfaat aspal dan persebarannya.

manfaat aspal

Berikut ini sebagian fungsi atau manfaat aspal dalam pengaspalan jalan antara lain sebagai berikut:

  • Aspal berfungsi untuk mengikat batuan supaya tak lepas dari permukaan jalan dampak lalu lintas (water proofing, protect) kepada abrasi air.
  • Aspal diaplikasikan sebagai bahan pelapis dan lem agregat.
  • Aspal sebagai lapis resap pengikat (prime coat) yakni lapisan tipis aspal cair yang diletakan di atas lapis pondasi sebelum lapis selanjutnya.
  • Sebagai lapis pengikat (tack coat) merupakan lapis aspal cair yang diletakan di atas jalan yang sudah beraspal sebelum lapis selanjutnya dihampar, berfungsi pengikat di antara keduanya.
  • Disamping itu aspal dipakai sebagai pengisi ruang yang kosong antara agregat kasar, agregat halus, dan filler.
Apa manfaat dari aspal?

Aspal memiliki banyak fungsi khususnya sebagai bahan konstruksi jalan, antara lain yaitu: Untuk mengikat batuan agar tidak lepas dari permukaan jalan akibat lalu lintas (water proofing, protect terhadap erosi). Sebagai bahan pelapis dan perekat agregat.

Baca juga Aspal terbuat dari olahan apa?

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Manfaat, Kegunaan dan Fungsi Aspal. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel teknik sipil berikutnya.

Leave a Comment