Klasifikasi materi berdasarkan wujudnya

Apakah Anda sedang mencari klasifikasi materi berdasarkan wujudnya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

klasifikasi materi berdasarkan wujudnya

Soal: klasifikasi materi berdasarkan wujudnya

Jawaban:

  1. Zat tunggal
  2. Campuran

Pembahasan:

  1. Zat tunggal
  • Unsur

Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih sederhana dan akan tetap mempertahankan karakteristik asli dari unsur tersebut. Contoh : besi, nikel, emas, tembaga dan lain-lain

  • Senyawa

Senyawa adalah zat yang dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih dengan cara kimia. Senyawa terbentuk melalui  proses pencampuran zat secara kimia, pembakaran, atau penguraian (dekomposisi) secara termal atau elektrik. Sifat suatu senyawa akan berbeda dengan unsur-unsurnya. Contoh senyawa H2O

2. Campuran

Campuran adalah suatu materi yang terdiri atas dua zat atau lebih dan masih mempunyai sifat asalnya. Campuran terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Heterogen

Campuran heterogen adalah suatu campuran yang dengan mudah dapat dibedakan. Contohnya, campuran air dan pasir.

  • Homogen

Campuran homogen adalah suatu bahan yang mempunyai dua atau lebih zat dan tersebar merata, sehingga tidak mudah untuk dibedakan zat campurannya. Contohnya, campuran air dan sirup.

Baca juga: Jelaskan pengelompokan materi

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang klasifikasi materi berdasarkan wujudnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kimia berikutnya.