Kitab klasik yang di pelajari di pesantren di sebut juga

Apakah Anda sedang mencari Kitab klasik yang di pelajari di pesantren di sebut juga, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

kitab klasik yang di pelajari di pesantren di sebut juga

soal: Kitab klasik yang di pelajari di pesantren di sebut juga

jawaban: Kitab klasik yang dipelajari di pesantren disebut juga Kitab Kuning.

pembahasan:

Kitab kuning identik dengan pondok pesantren yang merupakan pola pendidikan khas Agama Islam. Dikutip dari buku Kitab Kuning, Pesantren, yang melekat dengan Tradisi-Tradisi Islam, kitab kuning adalah kitab klasik yang ditulis beberapa abad yang lalu.

Sejarah penyebutan Kitab Kuning yang digunakan pesantren ternyata punya beberapa versi. Salah satunya tulisan yang terbit pada tahun 2003 dari Dirjen Kelembagaan Agama Islam berjudul Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. “Disebut Kitab Kuning karena pada umumnya dicetak di atas kertas berwarna kuning.

Penyebutan Kitab Kuning masih digunakan meski kondisi kitab tak selalu berwarna kuning, Isi Kitab Kuning bahkan sudah tersedia online, sehingga bisa diakses semua orang bukan cuma murid pondok pesantren.

Jika kita bicara kitab kuning maka merujuk pada sebuah buku atau kitab yang berwarna kuning (walaupun tidak semuanya, seperti sebagian cetakan Beirut Lebanon yang berwarna putih) yang berisi pelajaran-pelajaran agama Islam. Pelajaran tersebut meliputi mulai dari fiqh, aqidah, akhlaq/tasawuf, tata bahasa arab  (ilmu nahwu dan ilmu sharf), hadits, tafsir, `ulumul qur’aan, hingga pada ilmu sosial dan kemasyarakatan (muamalah).

Penulisan kitab kuning biasanya ditulis pada masa yang relatif lama, terkesan masih klasik dan di negara Arab disebut dengan kitab muqoddam (terdahulu). Lawan kata dari kitab klasik adalah kitab ‘ashirah (modern).

Kitab kuning juga dikenal dengan istilah kitab gundul karena penulisan yang tidak disertai dengan tanda baca seperti tanda tanya, kata seru, harakat, koma, titik dan lain sebagainya, sehingga  membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mempelajarinya.

Baca juga: Tingkatan Kitab Nahwu

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Kitab klasik yang di pelajari di pesantren di sebut juga. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Don`t copy text!