Keuntungan dan Kerugian Letak Geologis Indonesia

Apakah Anda sedang mencari keuntungan letak geologis Indonesia beserta kerugiannya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan keuntungan letak geologis Indonesia dan kerugian letak geologis Indonesia seperti di bidang ekonomi.

keuntungan dan kerugian letak geologis indonesia
keuntungan dan kerugian letak geologis di Indonesia

Keuntungan Letak Geologis Indonesia :

Berkat letak geologis Indonesia yang dilalui dua jalur pegunungan di dunia di deretan, tanah di Indonesia menjadi sangat subur. Letusan gunung api mempengaruhi tingkat kesuburan tanah.

Kesuburan tanah memudahkan penduduk Indonesia untuk bercocok tanam. Kondisi ini juga akhirnya mempengaruhi mata pencaharian utama penduduk Indonesia, yakni yang bekerja di sektor agraris atau menjadi petani.

Selain itu, Indonesia juga dikenal akan kekayaan tanahnya. Ada berbagai jenis bahan pertambangan yang ditemukan di tanah, seperti batu bara, timah, bijih besi, hingga emas.

Walaupun mendapatkan keuntungan, letak negara Indonesia secara geologis juga mengakibatkan posisi Indonesia berada di lokasi yang rawan bencana, seperti gunung meletus hingga gempa.

1. Indonesia memiliki tanah yang subur

Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi. Saat suatu gunung berapi meletus material yang mengandung banyak mineral akan menyebabkan tanah di sekitarnya menjadi subur.

Oleh karena itu, setelah gunung api meletus, hanya dalam waktu sekejap hutan yang rusak dapat segera diperbaiki secara alami.

2. Tanah Indonesia yang kaya akan mineral dan sumber daya alam

Mineral yang dihasilkan dari letusan gunung berapi juga dapat membentuk sumber daya alam seperti belerang (sulfur) yang sering ditambahkan pada produk kecantikan, marmer yang merupakan batuan metamorf, bahkan berlian yang merupakan karbon yang terkena panas dan mengendap selama ribuan tahun.

3. Indonesia memiliki banyak cadangan energi panas Bumi

Cadangan panas Bumi ditemukan di dekat-dekat wilayah vulkanis (gunung berapi) yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan tenaga alternatif.

4. Menjadi daya tarik bangsa lain dan tempat pariwisata

Daya tarik bangsa lain dari banyaknya pegunungan di Indonesia menjadikan pegunungan yang ada dijadikan sebagai daerah pariwisata.

Contohnya : Gunung Rinjani yang satu kompleks dengan Danau Segara Anak yang merupakan destinasi wisata internasional.

Kerugian Letak Geologis :

Lokasi Indonesia secara geologis diapit jalur pegunungan sehingga memiliki banyak gunung berapi di wilayahnya. Akibatnya gunung-gunung yang aktif dapat sewaktu-waktu mengeluarkan magmanya.

Kemudian, Indonesia juga berada di tiga lempeng Asia-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Hal ini mengakibatkan wilayah tanah Indonesia labil dan sering terjadi gempa bumi tektonik akibat pergeseran lempeng.

1. Indonesia menjadi daerah rawan gempa dan tsunami

Karena letaknya yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik, Indonesia rawan adanya gempa akibat pergeseran lempeng tektonik.

Di sisi lain wilayah Indonesia yang hampir 2/3 wilayahnya berupa perairan meningkatkan peluang untuk terjadinya tsunami setelah gempa.

2. Indonesia rawan terjadinya gunung meletus

Wilayah Indonesia yang berada pada wilayah Ring Of Fire dan pertemuan dua rangkaian gunung berapi dunia membuatnya menjadi wilayah Indonesia menjadi rawan terhadap bencana gunung meletus.

Baca juga 6 Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan Masyarakat

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang keuntungan dan kerugian letak geologis Indonesia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Geologi berikutnya.

Leave a Comment