Jenis Jenis Serealia dan Manfaatnya [LENGKAP]

Apakah Anda sedang mencari jenis jenis serealia dan manfaatnya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan sebutkan macam-macam serealia dan manfaatnya, termasuk jenis serealia yang ada dari negara lain.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

jenis jenis serealia dan manfaatnya
Jenis Jenis Serealia dan Manfaatnya
  1. Padi (Oryza sativa), beras mengandung karbohidrat yg kaya akan zat gula atau glukosa. bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. olahan beras yaitu nasi.
  2. Jagung (Zea mays),jagung mengandung karbohidrat.bermanfaat untuk menurunkan hipertensi,mengontrol diabetes,mencegah penyakit jantung,dsb. olahan jagung yaitu bubur jagung.
  3. Gandum Biasa (Triticum aestivum), gandum mengandung vitamin dan mineral. bermanfaat untuk menurunkan kolestrol,mengandung serat,mengurangi resiko terkena kanker,dsb
  4. Gandum Durum (Triticum durum), Secara komersial diproduksi untuk pasta kering atau pasta secca, dibuat hampir secara eksklusif dari durum semolina. Kebanyakan pasta segar rumahan (pasta fresca), seperti orecchiette dan tagliatelle, juga menggunakan gandum durum atau kombinasi dari gandum lunak dan keras.
  5. Jelai (Hordeum vulgare), Jelai telah digunakan sebagai pakan ternak, sebagai sumber bahan fermentasi untuk bir dan minuman suling tertentu, dan sebagai komponen berbagai makanan kesehatan. Ini digunakan dalam sup dan rebusan, dan dalam roti gandum dari berbagai budaya.
  6. Oats atau Haver (Avena sativa L.), Oat adalah makanan kaya nutrisi yang berkaitan dengan menurunkan kolesterol darah bila dikonsumsi secara teratur. Selain untuk makanan pokok, oats juga sebagai pakan ternak terutama kuda. Di Indonesia produk oats atau haver dikenal dari sejenis bubur yang diperkenalkan oleh penjajah Belanda, yang dikenal sebagai havermut.
  7. Sorgum (Sorgum spp), banyak digunakan sebagai tanaman pakan ternak, baik dibudidayakan di iklim hangat di seluruh dunia atau dinaturalisasi, di tanah padang rumput. Di Indonesia sendiri, tanaman sereal yang satu ini juga sudah mulai di budidayakan. Selain untuk pakan ternak, serealia ini banyak digunakan sebagai makanan pokok, dan bahan baku dalam berbagai bentuk home industri. Sorgum menjadi makann pokok di daerah Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Di Indonesia sendiri, tanaman sereal yang satu ini juga sudah mulai di budidayakan.
  8. Fonio (Digitaria exilis), Fonio dikonsumsi terutama di negara-negara Afrika Barat, tempat tanaman ini juga dibudidayakan. Pasar fonio global adalah 673.000 ton pada 2016. Nama fonio (dipinjam oleh Inggris dari Perancis) berasal dari Wolof foño. Biji-bijian ini juga dikenal sebagai acha di beberapa bagian Nigeria.
  9. Jewawut (Setaria italic), Tanaman jewawut tingginya bisa mencapai 2 meter. Terdapat 2 varietas jewawut yaitu yang untuk di konsumsi manusia yaitu S.italica var.italica dan yang untuk pakan burung yaitu S.italica var. moharica.
  10. Jali (Coix lacryma-jobi L), Terdapat dua varietas yang ditanam orang, yaitu Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi yang mempunyai cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan digunakan sebagai manik-manik, dan Coix lacryma-jobi var. ma-yuen yang bisa dimakan dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.
  11. Rumput Kenari (Phalaris),  Biji yang digunakan sebagai makanan burung dan umumnya dicampur dengan lobak dan biji lainnya yang membuatnya lebih murah. Itu harus disimpan di tempat yang kering dan jauh dari hama. Secara industri, tepung yang terbuat dari biji rumput kenari digunakan dalam pembuatan barang-barang katun halus dan barang-barang sutra.
  12. Spelt (Triticum spelta; Triticum dicoccum), Spelt kadang-kadang dianggap sebagai subspesies berkaitan erat dengan spesies Common Wheat (Triticum aestivum) atau gandum biasa, yang dikenal juga dengan gandum roti, yaitu spesies gandum yang dibudidayakan. Dalam hal ini nama botaniya dianggap Triticum aestivum subsp. spelta. Ini adalah gandum heksaploid, yang artinya memiliki enam set kromosom.
  13. Rye (Secale cereale),  Biji Rye digunakan untuk tepung, roti, bir, beberapa wiski, beberapa vodka, dan makanan hewan. Ini juga bisa dimakan utuh.
  14. Triticale (× Triticosecale), Triticale menggabungkan potensi hasil dan kualitas gandum yang tahan terhadap penyakit dan gandum dengan toleransi yang baik pada lingkungan (termasuk kondisi tanah). Ini ditanam sebagian besar untuk pakan ternak, meskipun beberapa makanan berbasis triticale dapat dibeli di toko makanan kesehatan dan dapat ditemukan di beberapa sarapan sereal.
  15. Teff (Eragrostis tef), Tanaman ini dibudidayakan untuk bijinya yang dapat dimakan, juga dikenal sebagai teff. Teff adalah tanaman multiguna yang memiliki penting untuk diet dan budaya Ethiopia. Di Ethiopia, teff menyediakan dua pertiga dari asupan protein harian. Ini tidak hanya penting untuk nutrisi manusia, tetapi juga sebagai makanan ternak, atau sebagai bahan bangunan.

Demikian yang dapat Teknik bagikan, tentang jenis jenis serealia dan manfaatnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.