Jenis Bahan Bakar Untuk Kapal Laut

Apakah Anda sedang mencari bahan bakar kapal laut, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan apa jenis BBM untuk kapal laut.

jenis bahan bakar kapal laut

Jenis Bahan Bakar Kapal Laut

Pada umumnya bahan bakar (BBM) yang sering didengar adalah bensin, solar, pertamax, pertalite, nanmu bahan bakar kapal berbeda dengan bahan bakar umumnya, berikut adalah beberapa jenis bahan bakar kapal yang dikelompokan berdasarkan viscosity atau kekentalannya antara lain:

1. MINYAK DIESEL (MDF)

Minyak diesel  ini dignakan untuk mesin kapal putaran rendah dibawah 1000 rpm. Minyak diesel merupakan salah satu hasil produksi yang dihasilkan melalui proses yang sama seperti minyak solar dan mempunyai keunggulan yang sama untuk beberapa parameter spesifikasi antara lain: Cetane number yang tinggi untuk menghasilkan pembakaran yang lebih baik pada mesin.

Water Content dan Sulphur Content yang sangat rendah sehingga mencegah dan mengurangi korosi. Minyak diesel biasa disebut juga sebagai Industrial Diesel Oil (IDO) atau Marine Diesel Fuel (MDF)

2. MINYAK SOLAR (HSD)

Hight Speed Diesel (HSD) atau minyak solar ini digunakan untuk mesin putaran tinggi diatas 1000rpm. Minyak solar merupakan salah satu hasil produksi proses cracking distillate dari minyak pelumas bekas dan mempunyai keunggulan yaitu: Cetane Number dan Cetane Index yang tinggi sehingga menghasilkan kualitas pembakaran yang sempurna pada mesin.

Water Content dan Sulphur Content yang sangat rendah karena bahan baku sebelum diproses telah melalui tahap dewatering (pemisahan air dari minyak pelumas bekas). Sehingga dapat mencegah dan mengurangi timbulnya korosi dan terbentuknya endapan pada ruang bakar mesin

Baca juga  Displacement Kapal : Pengertian, Rumus dan Perhitungannya

3. Merine Fuel oil (MFO)

Marine Fuel Oi. Dipakai khusus untuk proses pembakaran di tanur atau dapur industri skala besar, juga dipakai untuk mesin penggerak utama (M/E) kapal  dengan putaran rendah.

Bahan Bakar Marine Fuel Oil Pada dasarnya pembakaran merupakan reaksi cepat suatu senyawa dengan oksigen. Selain itu, pembakaran juga merupakan hasil sejumlah besar reaksi yang rumit.

Pada proses pembakaran akan disertai dengan pembebasan kalor (panas) dan cahaya. Reaksi yang mungkin terjadi adalah reaksi pirolisis yaitu pemecahan termal molekul besar menjadi molekul kecil tanpa kehadiran oksigen jika bereaksi dengan oksigen maka reaksi ini akan menghasilkan nyala (Fessenden dan Fessenden, 1997).

Baca juga: Fungsi Kompressor Udara di Atas Kapal

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jenis bahan bakar kapal laut. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel perkapalan berikutnya.

Bahan bakar kapal laut apa ya?

Hingga kini, kapal laut masih menggunakan bahan bakar berkadar sulfur 3,5 persen.

Leave a Comment