Jelaskan pengertian kebugaran jasmani [JELAS]

Apakah Anda sedang mencari jelaskan pengertian kebugaran jasmani, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

jelaskan pengertian kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan.

Pengertian lain Kebugaran jasmani ialah merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menunaikan tugas atau kegiatan sehari-hari dengan mudah tanpa rasa lelah yang berlebihan, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang dan untuk keperluan yang datang secara tiba-tiba.

Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan. Derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari.

Makin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang maka makin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya. Selain berguna untuk meningkatkan kebugaran jasmani, latihan kondisi fisik merupakan program pokok dalam pembinaan siswa untuk berprestasi dalam suatu cabang olahraga.

Berikut ini ialah merupakan komponen-komponen yang ada pada kebugaran jasmani :

  1.  Kekuatan atau Strenght
  2. Daya tahan atau Endurance
  3. Daya otot atau Muscular Power
  4. Kecepatan atau Speed
  5. Daya lentur atau Flexibility
  6. Kelincahan atau Agility
  7. Koordinasi atau Coordination
  8. Keseimbangan atau Balance
  9. Kecepatan atau Accuracy
  10. Reaksi atau Reaction

Baca juga Masa atau rentang waktu dalam suatu pemulihan setelah melakukan latihan disebut

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jelaskan pengertian kebugaran jasmani. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel penjaskes berikutnya.