Jelaskan mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi pada Sistem Pernapasan Manusia

Apakah Anda sedang mencari jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia

Proses pernafasan merupakan suatu mekanisme menghirup oksigen dari udara serta melepaskan karbondioksida dan uap air yang berasal dari paru-paru melalui saluran pernafasan. Tidak hanya bagi manusia, pernafasan memiliki peranan yang penting untuk menyediakan kebutuhan oksigen bagi metabolisme sel (untuk menghasilkan energi) dan membuang zat racun (CO2 dari dalam tubuh.

Proses pernafasan pada manusia, juga pada setiap makhluk hidup, melibatkan 2 proses yaitu ekspirasi dan inspirasi. Berikut mekanisme kedua proses tersebut.

  1. INSPIRASI

Inspirasi merupakan proses memasukkan oksigen dari udara ke dalam tubuh. Proses ini disebut juga sebagai menarik nafas. Proses ini seluruhnya dikontrol oleh pusat kontrol pernafasan yang terletak kdi medula oblongata. Ketika bagian ini diaktifkan, terjadi kontraksi diafragma beserta otot-otot intercostal yang menyebabkan pembesaran rongga dada. hal ini berujuang pada menurunnya tekanan rongga pleura.

Berikut mekanisme inspirasi:

  • Otot-otot antartulang rusuk bagian luar mengalami kontraksi
  • Tulang rusuk terdorong naik, menyebabkan rongga dada dan volume paru-paru membesar
  • Tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih kecil dari tekanan udara di luar sehingga mendorong udara untuk masuk ke dalam paru-paru.
  1. EKSPIRASI

Ekspirasi merupakan kebalikan dari inspirasi, yaitu proses menghembuskan nafas. Ekspirasi memainkan peranan yang penting karena membantu tubuh untuk mengeluarkan zat beracun berupa karbondioksida dan uap air sebagai produk samping dari metabolisme. Ekspirasi juga diatur oleh pusat kontrol pernafasan yang terletak di medula oblongata.

Berikut mekanisme ekspirasi:

  • Otot-otot antartulang rusuk sebelah luar dan diafragma mengalami pengenduran
  • Rongga dada menurun yang mengakibatkan volume paru-paru mengecil
  • Tekanan udara di paru-paru lebih tinggi dari tekanan udara di luar sehingga mendorong udara di dalam paru-paru untuk keluar

Baca juga Perut terasa seperti berisi angin

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Leave a Comment