Jelaskan gerak antagonis pada lengan saat bermain tenis meja

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Jelaskan gerak antagonis pada lengan saat bermain tenis meja, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

❤Soal:

Jelaskan gerak antagonis pada lengan saat bermain tenis meja

❤Jawaban:

Gerak antagonis adalah gerakan dua otot atau lebih yang bekerja berlawanan arah untuk menghasilkan gerakan yang diinginkan. Gerak antagonis penting untuk pergerakan yang lancar dan efisien.

Pada lengan, gerak antagonis yang paling penting adalah gerak fleksi dan ekstensi. Fleksibilitas adalah gerakan menekuk lengan, sedangkan ekstensi adalah gerakan meluruskan lengan.

Saat bermain tenis meja, gerak fleksi dan ekstensi lengan digunakan untuk mengontrol raket. Fleksibilitas digunakan untuk mengarahkan raket ke bola, sedangkan ekstensi digunakan untuk memukul bola.

Otot yang bertanggung jawab untuk gerak fleksi lengan adalah otot bisep. Otot bisep terletak di bagian depan lengan atas. Otot bisep berkontraksi untuk menekuk lengan.

Otot yang bertanggung jawab untuk gerak ekstensi lengan adalah otot trisep. Otot trisep terletak di bagian belakang lengan atas. Otot trisep berkontraksi untuk meluruskan lengan.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang gerak antagonis pada lengan saat bermain tenis meja:

  • Fleksibilitas

Saat pemain tenis meja bersiap untuk memukul bola, otot bisep berkontraksi untuk menekuk lengan. Hal ini memungkinkan pemain untuk mengarahkan raket ke bola dengan lebih akurat.

Saat pemain tenis meja memukul bola, otot bisep relaksasi, sedangkan otot trisep berkontraksi. Hal ini memungkinkan pemain untuk memukul bola dengan lebih kuat.

  • Ekstensi

Setelah memukul bola, otot trisep berkontraksi untuk meluruskan lengan. Hal ini memungkinkan pemain untuk mengembalikan lengan ke posisi semula.

Gerak antagonis pada lengan saat bermain tenis meja sangat penting untuk menghasilkan pukulan yang akurat dan kuat. Pemain tenis meja yang memiliki fleksibilitas dan ekstensi yang baik akan memiliki pukulan yang lebih baik.

Baca juga  Bagaimana kelainan fungsi saraf dapat memengaruhi aktivitas tubuh

Baca juga: Pak Dani mengeluh sakit dan sedikit bengkak pada sendi jari-jari kaki dan tangan. Analisislah kemungkinan