Jelaskan cara kerja antibodi dalam menginaktivasi antigen

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Jelaskan cara kerja antibodi dalam menginaktivasi antigen, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

❤Soal:

Jelaskan cara kerja antibodi dalam menginaktivasi antigen

❤Jawaban:

Antibodi adalah protein yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Antibodi memiliki dua fungsi utama, yaitu mengenali dan menetralkan antigen.

Antigen adalah zat yang dapat memicu reaksi imun. Antigen dapat berupa mikroorganisme, seperti bakteri dan virus, atau zat asing lainnya, seperti racun dan toksin.

Antibodi mengenali antigen melalui fragmen Fab-nya. Fragmen Fab-nya memiliki struktur yang unik yang cocok dengan struktur antigen. Ketika antibodi berikatan dengan antigen, ia membentuk kompleks imun.

Kompleks imun dapat menginaktivasi antigen dengan beberapa cara, yaitu:

  • Menghambat fungsi antigen. Antibodi dapat menghambat fungsi antigen dengan berbagai cara, seperti menghalangi antigen untuk menempel pada sel inang atau menghalangi antigen untuk menghasilkan racun.
  • Menghancurkan antigen. Antibodi dapat menghancurkan antigen dengan cara fagositosis, yaitu proses di mana sel-sel kekebalan tubuh memakan antigen.
  • Mengeluarkan antigen dari tubuh. Antibodi dapat mengeluarkan antigen dari tubuh melalui urine, feses, atau keringat.

Antibodi juga dapat membantu tubuh untuk mengembangkan kekebalan terhadap infeksi. Ketika antibodi berikatan dengan antigen, ia akan memicu produksi sel-sel memori. Sel-sel memori ini akan mengingat antigen tersebut sehingga tubuh dapat lebih cepat dan lebih efektif melawan infeksi di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa contoh cara kerja antibodi dalam menginaktivasi antigen:

  • Antibodi terhadap bakteri dapat menghambat bakteri untuk menempel pada sel inang. Hal ini mencegah bakteri untuk menginfeksi sel inang.
  • Antibodi terhadap virus dapat menghambat virus untuk memasuki sel inang. Hal ini mencegah virus untuk bereplikasi di dalam sel inang.
  • Antibodi terhadap racun dapat menetralkan racun sehingga racun tersebut tidak berbahaya bagi tubuh.
Baca juga  3 Jenis Cumi Cumi Dan Perbedaannya + Gambar

Antibodi adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Antibodi berperan penting dalam melawan infeksi dan mengembangkan kekebalan terhadap infeksi.

Baca juga: Sebut dan jelaskan bagian-bagian sel saraf yang ditunjukkan gambar berikut