Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengendapan (sedimentasi)

Apakah Anda sedang mencari jelaskan apa yang dimaksud dengan pengendapan (sedimentasi), jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

jelaskan apa yang dimaksud dengan pengendapan (sedimentasi)

Soal: jelaskan apa yang dimaksud dengan pengendapan (sedimentasi)

Jawaban: Sedimentasi adalah proses pengedapan material yang terbawa oleh air, angin, maupun gletser. Pengendapan material ini bisa terjadi di darat, laut, maupun sungai. Material yang mengendap tersebut berasal dari pengikisan atau pelapukan, baik pelapukan kimia, fisika, maupun mekanik. Pengendapan tersebut jika berlangsung lama akan membentuk sedimen. Sebagian besar batu yang ada dipermukaan bumi adalah batuan

Penjelasan:

Faktor terjadinya sedimentasi

  • Adanya sumber material endapan
  • Adanya lingkungan yang mendukung
  • Terbentuknya pengangkatan oleh sumber material yang disebabkan oleh angin, es dan air
  • Adanya perbedaan arus atau gaya
  • Terbentuknya pengalihan dan transformasi material
  • Diagenesis, terbentuknya transformasi sedimentasi yang terjadi secara kimia dan fisika
  • Kompaksi, yaitu endapan yang menyusut karena dampak gaya berat dari material endapan yang mendorong volume susunan.
  • Lithifikasi, yaitu endapan yang membeku karena dampak kompaksi berkelanjutan.

Jenis-Jenis Sedimentasi

Sedimentasi Aeris  / Aeolis

Sedimentasi Aeris adalah pengendapan yang disebabkan oleh angin. Angin akan mengangkat material pada saat angin berhembus dan akan di melepaskan ke darat. Material yang di bawa oleh angin tersebut biasanya berupa tanah dan pasir. Sedimen pasir yang menimbun akan menciptakan bukit kecil yang disebut dengan bukit pasir.

Sedimentasi Fluvial

Sedimentasi Fluvial adalah pengendapan yang disebabkan oleh air sungai dan bertempat di sungai. Biasanya pengendapan air sungai ini terbentuk di dataran rendah dampak dari cara air yang berlinang dari kawasan tinggi ke kawasan rendah.

Sedimentasi Marine

Sedimentasi marine merupakan sedimentasi yang terjadi terjadi di laut dan disebabkan oleh air laut itu sendiri. Sedimentasi marine terjadi akibat perubahan arus laut dan adanya pasang surut air laut, materi tersebut mengendam di dalam laut. Pengendapan tersebut terus bertumpuk, menyebabkan endapan ini naik ke permukaan laut. Sehingga membentuk pulau- pulau atau dataran kecil yang indah.

Sedimentasi Gletser

Sedimentasi Gletser adalah pegendapan yang diakibatkan oleh es. Endapan tersebut terbentuk dari efek terdapatnya moraine yakni batu kerikil, pasir dan materi lainnya yang tertarik oleh es dan tertumpuk.

Baca juga : Bagaimana jika ada anak yang memarahi orang tuanya

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang jelaskan apa yang dimaksud dengan pengendapan (sedimentasi) . Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel sosial budaya berikutnya.