Hukum Utama Hidrostatika

Apakah Anda sedang mencari hukum utama hidrostatiska, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan hukum pokok hidrostatiska dapat diturunkan.

Hukum utama hidrostatika adalah semua titik yang teletak pada suatu bidang datar di dalam zat cair yang sejenis memiliki tekanan yang sama. Misalkan sebuah pipa U diisi oleh dua jenis zat cair yang tidak bercampur maka akan terdapat perbedaan ketinggian zat cair pada kedua kaki pipa U.

Hidrostatika adalah ilmu yang mempelajari tentang fluida yang tidak mengalir / tidak bergerak / statis. Kajiannya mencakup semua kondisi fluida dalam keadaan kesetimbangan yang stabil.

hukum utama hidrostatika

Contoh Soal

1. hukum utama hidrostatika dapat diturunkan dari persamaan bernoulli. jika rho A tekanan hidrostatika di A dan rho B tekanan hidrostatis di B serta rho massa jenis cairan, maka diperoleh hubungan….
a. rho A = gh1 dan rho B = gh2
b. rho A = gh2 dan rho B = gh1
c. rho A = rho B = gh1
d. rho A = rho B = gh2
e. rho A = rho B = (h2 – h1) g

2. untuk satu mol gas ideal berlaku persamaan PV = RT. dalam sistem SI, satuan-satuan untuk besaran-besaran tersebut adalah :
(1) P dalam Pa
(2) V dalam m^3 / mol
(3) T dalam K
(4) R dalam erg/mol/K
pernyataan yang benar adalah….
a. 1,2,3
b, 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 1,2,3,4
e. 4 saja

3. Dalam tabung U terdapat sejenis gas ideal. Jika diketahui tekanan
udara luar = 75 cmHg, volume gas = 50 cm 3 , dan suhunya = 27°C, volume
gas pada suhu –3°C jika tekanannya = 90 cmHg adalah….
a. 80 cm^3
b. 50 cm^3
c.40 cm^3
d. 35 cm^3
e. 20 cm^3

Baca juga:

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang hukum utama hidrostatika. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel mesin berikutnya.

Leave a Comment