Gerakan yang tidak dilakukan pada saat lari jarak pendek adalah

Apakah Anda sedang mencari gerakan yang tidak dilakukan pada saat lark jarak pendek adalah , jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Soal: gerakan yang tidak dilakukan pada saat larik jarak pendek adalah

Jawaban: gerakan start

Penjelasan:

Teknik dasar lari jarak pendek yang pertama ialah teknik start sebelum berlari. Teknik start ini memudahkan anda agar tidak tegang dan tetap nyaman saat berlari. Gerakan start dapat dibagi menjadi tiga yaitu start pendek atau Bunch Start, start panjang atau Long Start, dan start menengah atau Medium Start.

Setiap teknik start ini memiliki gerakan yang berbeda beda. Berikut penjelasannya:

a. Start Pendek atau Bunch Start

Teknik dasar lari jarak pendek dapat dilakukan dengan teknik start pendek ini. Langkah langkah melakukan start pendek:

Posisikan kaki kiri berada didepan dan ditekuk. Letakkan lutut kaki kanan dibelakang dan berada disamping kaki kiri. Jarak kaki kiri dengan kaki kanan sekitar satu kepal saja. Letakkan kedua tangan berada dibelakang garis start.

b. Start Menengah atau Medium Start

Teknik dasar lari jarak pendek selanjutnya dapat dilakukan dengan teknik start menengah. Langkah langkah melakukan start menengah:

Posisikan kaki kiri berada didepan dan ditekuk Letakkan lutut kaki kanan disebelah tumit kaki kiri. Jarak kaki kiri dengan kaki kanan sekitar satu kepal saja. Letakkan kedua tangan berada dibelakang garis start.

c. Start Panjang atau Long Start

Teknik dasar lari jarak pendek yang terakhir dapat dilakukan dengan teknik start panjang. Langkah langkah melakukan start panjang:

Posisikan kaki kiri berada didepan dan ditekuk Letakkan lutut kaki kanan dibelakang kaki kiri. Jarak kaki kiri dengan kaki kanan sekitar satu kepal saja. Letakkan kedua tangan berada dibelakang garis start.

d. Sikap Tubuh Ketika Berlari

Teknik dasar lari jarak pendek selanjutnya ialah teknik gerakan tubuh ketika berlari. Sikap tubuh ini juga harus anda perhatikan sehingga saat berlari kecepatan tubuh tetap stabil. Berikut cara menjaga sikap tubuh ketika berlari:

Badan sedikit dicondongkan kedepan agar badan anda tetap nyaman dan energi tidak mudah terkuras.Lakukan tolakan sekuat tenaga ketika berlari. Pastikan kaki melangkah dengan lebar dan tangan bergerak kearah dagu. Gerakkan kaki dengan kecepatan yang meningkat. Saat berlari jaga tubuh agar tetap rileks dan tidak tegang.

e. Gerakan Finish

Teknik dasar lari jarak pendek yang terakhir ialah teknik badan saat memasuki finish. Teknik ini diperlukan agar badan dalam kondisi yang tepat ketika memasuki finish. Langkah langkah melakukan gerakan finish:

Jangan kurangi kecepatan saat berlari. Posisi dada sedikit dicondongkan kedepan.Tambah kecepatan kaki maupun kecepatan tangan anda. Selaraskan gerakan kaki dan tangan agar kecepatan dapat bertambah. Fokuskan pikiran ke daerah finish tanpa memikirkan lawan agar kecepatan berlari dapat meningkat.

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang gerakan yang tidak dilakukan pada saat larik jarak pendek adalah . Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel penjaskes berikutnya.

Don`t copy text!