Gerakan otot adalah suatu proses yang memerlukan tenaga. Pada proses tersebut terjadi perubahan secara

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Gerakan otot adalah suatu proses yang memerlukan tenaga. Pada proses tersebut terjadi perubahan secara, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

❤Soal:

Gerakan otot adalah suatu proses yang memerlukan tenaga. Pada proses tersebut terjadi perubahan secara

❤Jawaban:

Gerakan otot adalah suatu proses yang memerlukan tenaga. Tenaga tersebut berasal dari perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Perubahan energi kimia menjadi energi gerak pada otot terjadi melalui dua tahap, yaitu:

  • Fase glikolisis

Pada fase ini, glukosa yang berasal dari makanan dipecah menjadi asam piruvat dan asam laktat. Asam piruvat akan diubah menjadi energi, sedangkan asam laktat akan dikeluarkan dari tubuh melalui sirkulasi darah.

  • Fase siklus Krebs

Pada fase ini, asam piruvat yang berasal dari fase glikolisis akan dipecah menjadi karbon dioksida, air, dan energi. Energi yang dihasilkan pada fase ini lebih besar daripada energi yang dihasilkan pada fase glikolisis.

Jadi, perubahan secara kimiawi pada gerakan otot adalah perubahan glukosa menjadi asam piruvat, asam piruvat menjadi energi, dan asam piruvat menjadi asam laktat.

Selain perubahan secara kimiawi, gerakan otot juga memerlukan perubahan secara fisik. Perubahan fisik pada gerakan otot adalah perubahan panjang otot. Otot akan berkontraksi (menjadi lebih pendek) saat menggerakkan suatu objek, dan akan berelaksasi (menjadi lebih panjang) saat objek tersebut berhenti bergerak.

Proses perubahan panjang otot ini terjadi karena adanya perubahan pada filamen aktin dan miosin di dalam otot. Filamen aktin dan miosin adalah dua jenis protein yang saling berpasangan untuk membentuk serabut otot. Saat otot berkontraksi, filamen aktin dan miosin akan saling mendekat, sehingga menyebabkan otot menjadi lebih pendek.

Baca juga  Bagaimana keterkaitan antara kromosom DNA dan inti sel

Jadi, gerakan otot adalah proses yang memerlukan perubahan secara kimiawi dan fisik. Perubahan secara kimiawi terjadi untuk menghasilkan energi, sedangkan perubahan secara fisik terjadi untuk mengubah panjang otot.

Baca juga: Perasaan lelah yang muncul dikarenakan pola kerja otot secara terus-menerus disebabkan oleh