Gerakan naik turun tangga berguna untuk melatih

Apakah Anda sedang mencari gerakan naik turun tangga berguna untuk melatih, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

gerakan naik turun tangga berguna untuk melatih

Soal: gerakan naik turun tangga berguna untuk melatih

Jawaban:
1. Membakar Kalori
2. Merampingkan Pinggul
3. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang
4. Mengontrol Kadar Gula Darah
5. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
6. Meningkatkan Kinerja Otak
7. Bantu Atasi Stres
8. Bantu Atasi Insomnia

Penjelasan:

1. Membakar Kalori Manfaat naik turun tangga yang pertama adalah membakar kalori. Pada dasarnya, setiap olahraga tentu bisa membakar kalori dan lemak tubuh. Namun olahraga naik turun tangga mampu membakar kalori lebih banyak. Ketika melakukan aktivitas turun tangga kalori yang terbakar antara 175 dan 275 kalori per jam (tergantung berat badan).

Sedangkan saat melakukan aktivitas naik tangga, kalori tubuh yang terbakar 530 hingga 830 kalori per jam. Tentunya ini dapat dijadikan kegiatan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Pada akhirnya, jumlah kalori dan lemak yang dibakar akan semakin bertambah bila Anda melakukan olahraga naik turun tangga dengan cepat dan dilakukan dengan beberapa kali step.

Selain itu, naik turun tangga juga akan meningkatkan sistem metabolisme yang kemudian akan membakar semua kalori. Manfaat naik turun tangga untuk diet ini akan membuat berat badan berkurang secara perlahan seiring dengan pembakaran kalori yang dilakukan.


2. Merampingkan Pinggul
Banyak orang melakukan berbagai cara untuk membentuk tubuh yang seksi dan ramping, khususnya di bagian pinggul. Tak perlu mengonsumsi obat, Anda bisa memiliki pinggul yang ramping dengan melakukan naik turun tangga secara rutin.

Lakukan olahraga ini sebanyak mungkin selama 30 detik, kemudian istirahat selama 30 detik, dan ulangi selama 5 menit. Ketika naik turun tangga, otot betis, paha, pinggul, hingga bokong akan terlatih dan tertarik, serta menyingkirkan lemak maupun selulit.


3. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang
Ketika melakukan naik turun tangga, sistem otot dan tulang di seluruh tubuh otomatis akan ikut bergerak aktif. Mulai dari otot lengan, punggung, hingga otot kaki. Manfaat latihan ini adalah menurunkan risiko osteoporosis dan tulang tetap kuat.

Semakin intens pergerakan otot dan tulang, semakin berkurang pula risiko pengeroposan tulang. Dalam waktu bersamaan, olahraga ini dapat membuat berat badan berkurang seiring dengan peningkatan massa otot tubuh ketika naik turun tangga.


4. Mengontrol Kadar Gula Darah
Manfaat naik turun tangga juga dianjurkan bagi pengidap diabetes. Pergerakan otot berperan mengendalikan gula darah menjadi lebih stabil. Stabilnya kadar gula darah akan membuat seseorang terhindar dari penyakit diabetes.Namun Anda juga perlu menyeimbangkan dengan pola makan yang sehat.

Sebaiknya Anda perlu mengurangi asupan makanan manis karena mengandung gula tinggi dan bisa menyebabkan diabetes. Selain bermanfaat untuk pasien diabetes, naik turun tangga juga bermanfaat bagi ibu hamil agar tidak terkena diabetes gestasional. Kendati demikian, naik turun tangga sebaiknya tidak dilakukan ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. 


5. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Sejumlah penelitian menemukan manfaat naik turun tangga dapat menjaga kesehatan jantung tetap optimal. Olahraga naik turun tangga akan memperlancar aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Pada dasarnya, jantung yang sehat juga bisa memengaruhi usia dan harapan hidup seseorang. 

Dengan jantung yang sehat, seseorang bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan diabetes, mengurangi stres, dan meningkatkan mobilitas. Selain jantung yang sehat, manfaat naik turun tangga juga mampu menurunkan risiko penyakit stroke. Rutin melakukan naik turun tangga tiga sampai lima kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko stroke dalam jangka panjang.


6. Meningkatkan Kinerja Otak
Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurobiology of Aging mengungkapkan rajin melakukan naik turun tangga dapat meningkatkan kinerja otak. Hasil penelitian itu juga menemukan kebiasaan naik turun tangga dapat mengurangi risiko penuaan otak lebih lambat dibandingkan orang yang jarang naik turun tangga. 

Kebiasaan olahraga naik tangga bisa menjadi pilihan bagi banyak orang dewasa, setidaknya satu kali sehari dibandingkan melakukan aktivitas fisik yang tergolong berat seperti berenang atau gym.


7. Bantu Atasi Stres
Ketika naik turun tangga, tubuh akan memacu darah yang akan mendapat suntikan adrenalin. Kondisi tersebut akan membuat suasana hati lebih baik. Dengan begitu, naik turun tangga sangat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan. 

Namun saat melakukan olahraga naik turun tangga, pastikan postur tubuh tetap tegak dan tidak bungkuk. Awali langkah secara perlahan, lalu tingkatkan intensitas setelah mendapatkan ritmenya. Anda juga harus memakai sepatu olahraga yang nyaman dan dapat menopang tubuh dengan baik supaya mencegah terpeleset dan terhindar dari cedera.


8. Bantu Atasi Insomnia
Naik turun tangga bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang kerap mengalami insomnia atau susah tidur. Anda perlu mencoba melakukan latihan ini setiap hari supaya kualitas tidur meningkat. Sebaiknya naik turun tangga dilakukan pada pagi hari ketika matahari belum terik.

Hal ini bertujuan menyehatkan paru-paru karena menghirup udara yang lebih segar. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya pada malam hari sebelum tidur.

Baca juga : Gerakan pus-up berguna untuk melatih

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang gerakan naik turun tangga berguna untuk melatih. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel penjaskes berikutnya.