Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk

Pengertian gagasan pendukung adalah uraian atau informasi tambahan untuk melengkapi gagasan pokok, atau bisa di artikan sebagai kalimat yang menjelaskan dan melangkapi gagasan pokok secara detail. Pada dasarnya gagasan ini disajikan dalam bentuk kalimat penjelas.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk

Dengan gagasan penjelas ini maka setiap ide pokok dapat dikembangkan kembali menjadi lebih rinci dan membuat pembaca mengetahui maksud yang ingin disampaikan penulis. Begitupula penulis dapat mengembangkan setiap ide tulisannya sehingga terkesan lebih menarik bagi pembaca.

Penjelasan lain:

Gagasan pendukung adalah penjabaran dari gagasan atau ide yang menjelaskan gagasan utama atau ide pokok. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar suatu paragraf. Gagasan pendukung dalam satu paragraf dapat lebih dari satu gagasan. Sedangkan gagasan utama hanya satu dalam satu paragraf.

Suatu wacana biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Setiap paragraf mempunyai gagasan pokok (gagasan utama) yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok merupakan ide utama yang mendasari pengembangan sebuah paragraf, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk menjelaskan gagasan pokok. Gagasan pendukung biasanya dinyatakan lebih dari satu kalimat.

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.