Fungsi Dari Pompa Sentrifugal

Jika Anda sedang mencari fungsi dari pompa sentrifugal, fungsi pompa sentrifugal di kapal dan industri sekaligus atau apa fungsi bagian/komponen pompa sentrifugal, maka Anda sudah menemukan referensi yang tepat, karena dalam artikel ini akan dijelaskan tentang fungsi pompa sentrifugal dengan lugas dan jelas, pastikan Anda baca artikel ini sampai selesai agar tidak ada yang terlewat.

fungsi pompa sentrifugal

Fungsi pompa sentrifugal adalah mengubah energi mekanik menjadi energi fluida dengan menggunakan gaya sentrifugal dan pompa sentrifugal terdiri dari sebuah cakram dan terdapat sudu sudu, arah putaran sudu sudu itu biasanya di belokkan ke belakang terhadap arah putaran.

Fungsi dari bagian-bagian atau komponen pompa sentrifugal adalah 

  • Valve adalah impeller yang berfungsi sebagai tempat berlalunya cairan pada impeller.
  • Packing digunakan untuk mencegah dan mengurangi kebocoran cairan dari casing pompa yang berhubungan dengan poros, biasanya terbuat dari Asbes atau Teflon.
  • Shaft atau Poros berfungsi untuk meneruskan momen puntir dari penggerak selama beroperasi dan tempat tumpuan impeller dan bagian-bagian lainnya yang berputar.
  • Discharge nozzle adalah bagian dari pompa yang berfungsi sebagai tempat keluarnya fluida hasil pemompaan.
  • Casing merupakan bagian luar dari pompa yang berfungsi sebagai pelindung elemen di dalamnya.
  • Impeller berfungsi untuk mengubah enerrgi mekanis dari pompa menjadi energi kecepatan pada cairan/fluida yang dipomparan secara kontinyu, sehingga cairan pada sisi isap secara terus menerus akan masuk mengisi kekosongan akibat perpindahan dari cairan/fluida yang masuk sebelumnya.
  • Bearing atau Bantalan berfungsi untuk menumpu atau menhan beban dari poros agar dapat berputar. Bearing juga berfungsi untuk memperlancar putaran poros dan menahan poros agar tetap pada tempatnya, sehingga kerugian gesek dapat diperkecil.
  • Eye of impeller adalah bagian masuk pada arah hisap impeller.

Baca juga: Spesifikasi Pompa Sentrifugal (Centrifugal Pump)

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang fungsi pompa sentrifugal. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel mesin berikutnya.

Leave a Comment