Dibawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik adalah

Apakah Anda sedang mencari Dibawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik adalah, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Dibawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik adalah

Soal :

Dibawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik adalah…

A. Mematuhi norma-norma yang berlaku
B. Menyesuaikan gaya hidup hedonis
C. Berpegang teguh pada nilai-nilai sosial
D. Ikut kegiatan sosial masyarakat
E. Menyesuaikan dengan budaya sekitar

Jawaban : B. Menyesuaikan gaya hidup hedonis

Pembahasan :

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata “integrasi” diartikan sebagai pembauran hingga menjadi kesatuan utuh yang bulat. Atau dapat kita Integrasi adalah masyarakat yang menjadi satu (lawannya perpecahan), dan “sosial”  diartikan sebagai berkenan dengan masyarakat. 

Sedangkan menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin atau biasa disebut Gillin, integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses yang terjadi akibat adanya perbedaan baik berupa fisik, emosional, budaya dan perilaku.

Dan menurut Michael Parker Banton, seorang ilmuwan sosial inggris, integrasi sosial adalah sebuah pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat tetapi tidak memberikan makna yang berarti pada adanya perbedaan ras tersebut.

Sehingga integrasi sosial dapat kita simpulkan sebagai proses pembauran, atau penyesuaian yang berupa suatu pola hubungan terhadap suatu perbedaan berupa fisik, emosional, budaya, ras, dan perilaku di masyarakat yang menjadi satu kesatuan. 

Hal tersebut dilakukan berdasarkan nilai dan norma-norma dasar bersama guna mewujudkan fungsi sosial-budaya yang lebih maju, tanpa mengorbankan ciri-ciri kebinekaan yang ada.

Integrasi sosial dibangun melalui tiga tingkatan, yaitu pada tingkat mikro (keluarga), meso (kelompok sosial), dan makro (masyarakat bangsa).

Syarat-syarat integrasi sosial, antara lain :

  1. Setiap anggota dalam masyarakat merasa telah berhasil untuk saling mengisi kebutuhan-kebutuhan di antara mereka.
  2. Masyarakat berhasil melahirkan kesepakatan atau konsensus bersama, yaitu mengenai nilai dan norma sosial yang dijadikan pedoman serta dilestarikan.
  3. Nilai-nilai dan norma sosial tidak mudah berubah, berlaku dalam waktu yang lama, dan dijalankan dengan konsisten oleh seluruh anggota

Baca juga : Integrasi sosial dalam kehidupan dapat terwujud dengan adanya

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Dibawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik adalah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Sosial Budaya berikutnya.

Don`t copy text!