Dampak Positif dan Negatif Letak Geologis Indonesia

Berikut penjelasan dampak positif dan negatif letak geologis Indonesia bagi kehidupan masyarakat dan bidang ekonomi.

dampak positif dan negatif letak geologis indonesia

Karena letak geologis yang dimiliki Indonesia, Indonesia sangat memiliki banyak sekali dampak positif akibat letak geologisnya. Berikut kakak ulas berbagai dampak positif yang didapat Indonesia :

  1. Karena Indonesia dilewati jalur khatulistiwa, menjadikan Indonesia sebagai negara tropis dengan tanahnya yang subur, dimana hampir semua jenis tumbuhan dapat ditanam di Indonesia, sehingga menjadikan perekonomian Indonesia pada sektor pertanian lebih cepat.
  2. Indonesia terletak pada silang dunia, yaitu silang antara samudera hindia, samudera pasifik, benua asia, dan benua australia, sehingga menjadikan Indonesia memiliki keunggulan pada sektor perekonomian dan pariwisata.
  3. Indonesia yang diapit oleh 2 samudera besar yaitu hindia dan pasifik menjadikan Indonesia kaya akan biota bawah airnya, sehingga memajukan perekonomian pada sektor kelautan.
  4. Indonesia terletak pada cincin api pasifik, hal ini menjadikan banyaknya gunung – gunung berapi yang aktif di Indonesia, sehingga menjadikan tanah – tanah di Indonesia mayoritas gembur dan subur.
  5. Indonesia sebagai poros maritim, menyebabkan perekonomian Indonesia terbilang pesat lantaran bebasnya melakukan aktivitas perdagangan dengan dunia Internasional, serta menyebabkan hubungan Indonesia dengan negara lain semakin baik.

Adapula berbagai dampak negatif letak geologis Indonesia, antara lain :

  1. Banyaknya gunung berapi di Indonesia menyebabkan Indonesia rawan terkena bencana gunung berapi.
  2. Karena Indonesia dikelilingi oleh laut, menyebabkan Indonesia rawan terjadi Tsunami.
  3. Indonesia menjadi negara rawan bencana gempa, baik gempa vulkanik karena gunung berapi, maupun tektonik karena menjadi negara yang diapit langsung oleh 4 lempeng dunia.
  4. Karena Indonesia terletak pada derah jalur silang, menyebabkan Indonesia rawan mendapat paparan budaya buruk dari negara luar.

Baca juga Apa Yang Dimaksud Dengan Letak Geologis Suatu Wilayah, Indonesia?

Baca juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Pantai dan Contohnya

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang dampak positif dan negatif letak geologis Indonesia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geologi berikutnya.

Leave a Comment