Wajib Baca! Ini Contoh Tender dan Seluk Beluknya

Wajib Baca! Ini Contoh Tender dan Seluk Beluknya – Apabila Anda sedang mencari informasi tentang dokumen tender atau info tentang contoh tender pengadaan barang, maka Anda sudah mendapatkan info yang tepat, karena dalam artikel ini akan dibahas tentang contoh tender, jadi silahkan simak artikel ini sampai selesai.

contoh tender

Contoh Tender

Sebelum lebih jauh membahas tentang contoh tender, kita perlu ngerti dulu apa itu tender.

Tender adalah tawaran yang dibuka oleh sebuah perusahaan besar atau pemerintah kepada pihak swasta atau badan hukum lainnya untuk memborong, mengajukan harga serta menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan.

Kurang lebih seperti itulah pengertian tender.

Jika bicara tentang tender, maka identik dengan proyek, baik yang diselenggarakan oleh pihak swasta ataupun pemerintah.

Sayangnya untuk dapat mengikuti tender ada aturannya, baik secara umum maupun khusus. Jadi tidak sembarangan sebuah bisa mengikuti sebuah Tender.

Lalu apa saja syarat sebuah badan usaha bisa mengikuti sebuah tender? Jika Anda penasaran, baik, mari kita baha sejenak mengenai persyaratan secara umum mengikuti sebuah tender, apa saja itu? Ini dia :

  • Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), jika Anda belum punya SIUP, silahkan diurus, sekarang mengurus SIUP sudah cepat, yang penting syaratnya komplit;
  • Mampu menandatangani kontrak pengadaan apabila menang tender;
  • Perusahaan dalam kondisi sehat, baik secara finansial maupun hukum, ini biasanya dibuktikan dengan syarat keterangan tidak dalam kondisi pailit, kalau tidak salah surat tersebut dikeluarkan oleh pengadilan tata niaga;
  • Mempunyai bukti pembayaran pajak perusahaan, di hampir semua tender yang dibuka baik swasta maupun pelat merah, semua mensyaratkan bukti pembayaran pajak;
  • Punya pengalaman menjadi vendor, atau dengan kata lain Anda sudah pernah menang tender atau pernah mengikuti mengerjakan sebuah tender proyek;
  • Tidak sedang di black list;
Baca juga  Daftar 12 Jalan Tol Terpanjang Di Dunia, No. 1 Paling Panjang

Selain syarat-syarat diatas, masih ada persyaratan lain yang harus ditunjukkan, tentu syarat tersebut menyesuaikan dengan badan hukum yang sedang membuka tender.

Namun yang cukup penting diperhatikan adalah bukti pembayaran pajak, bukti ini harus ditunjukkan secara otentik dan dapat dibuktikan.

Pada dasarnya setiap badan usaha, mempunyai persyaratan yang berbeda-beda, misalnya saja jika sebuah tender dibuka oleh pemerintah, maka detail persyaratannya pasti berbeda dengan yang dibuka oleh swasta.

Maka dari itu, menjadi penting untuk membaca dengan seksama persyaratan tender yang diumumkan sebelum mengikuti tender.

Ketika mengikuti tender, maka perusahaan yang Anda pimpin akan bersaing dengan perusahaan lain, untuk memenangkan tender tersebut.

Jika dilihat dari sisi legal formal, lelang tender sendiri dapat dilaksanakan dalam 3 buah bentuk, yakni : lelang non eksekusi wajib, kemudian lelang non eksekusi sukarela serta lelang eksekusi.

Pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan banyak sekali tender, jika Anda penasaran dengan contoh tender atau ingin melihat tender yang dibuka oleh pemerintah Indonesia, Anda bisa mengaksesnya melalui situs LPSE.LKPP.go.id.

Disana banyak tender yang telah dan ataupun sedang berlangsung, informasinya sangat detail, termasuk didalamnya syarat-syarat mengikuti tender pemerintah.

Anda juga bisa melihat contoh tender yang lainnya di www.pengadaan.com, disana banyak sekali informasi mengenai tender apa saja yang sedang berlangsung, baik yang dibuka oleh pemerintah ataupun perusahaan privat.

Sayangnya untuk melihat tender apa saja yang sedang dibuka, Anda diharuskan merogoh kocek lebih dalam, untuk menjadi member situs tersebut.

Baca juga: Ini Kelengkapan Berkas Tender, Wajib Baca!

Penutup

Oke, itu tadi artikel yang membahas tentang contoh tender, semoga setelah membaca artikel ini, ada manfaat positif yang bisa diambil. Sekian, artikel ini, salam sukses sampai jumpa di tulisan yang lainnya.

Leave a Comment