Contoh Kitab Kuning

Apakah Anda sedang mencari Contoh Kitab Kuning, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

contoh kitab kuning

soal: Contoh Kitab Kuning

jawaban:

Untuk mempelajari Bahasa Arab, wajib bagi Anda untuk menguasai dasar-dasar nahwu dan shorof-nya. Biasanya pesantren di Indonesia mengacu pada beberapa contoh kitab sebagaimana yang dijelaskan di bawah ini.

1. Kitab Al- Jurumiyah

Kitab ilmu nahwu (ilmu tentang anatomi dan bentuk-bentuk kata dalam Bahasa Arab) ini dikarang oleh Syekh Sonhaji. Kitab ini diperuntukkan oleh para santri yang baru belajar kitab kuning, karena itu penjelasan ilmu nahwu dalam kitab ini disusun secara sistematis dan diolah dengan bahasa yang mudah dipahami. Kitab Jurumiyah sendiri merupakan pedoman level terendah dalam dunia ilmu nahwu kitab kuning.

Jika Anda sudah tamat mempelajari Al-Jurumiyah, maka tingkatkan level Anda mulai dari Imrithi, Mutamimah, hingga Alfiyah sebagai level paling tinggi.

2. Kitab Amtsilah At-Tashrifiyah

Sembari menguasai nahwu, ada baiknya Anda juga menguasai shorof. Ibaratnya pasangan, nahwu dan shorof tak dapat dipisahkan.

Shorof adalah ilmu perubahan kata, kurang lebih mirip dengan tenses dalam Bahasa Inggris, namun pada bahasa Arab perubahan kata juga meliputi perubahan dari kata kerja menjadi kata benda. Orang Indonesia sering belajar menggunakan lagu dan syair untuk mengingat hal-hal sulit, maka dari itu kitab ini disusun sedemikian rupa agar dapat dilagukan kemudian dihafalkan dengan cara menyenangkan.

Kitab ini adalah kitab asli Indonesia karangan KH. Ma’shum ‘Aly yang berasal dari Jombang. Selain dua kitab yang telah disebutkan, pesantren Indonesia juga menggunakan kitab Alkawakibuddurriyah, Syarah Dahlan, Al Awamil, al Kailani, Matan al Bina’, Almaksud, Al Amsilatul Jadidah, Tsamaratul Janiah, dan Qawaidul Lughatul Arabiyyah dan al-Mutammimah.

Sebagian umat muslim di Indonesia tentu tidak asing dengan kitab kuning, terutama mereka yang sebelumnya pernah menuntut ilmu agama di pondok-pondok pesantren. Dalam pendidikan agama Islam sendiri, kitab kuning merujuk pada kitab-kitab tradisional yang merangkum berbagai hal terkait Islam.

Pelajaran-pelajaran yang terdapat di kitab ini sangat umum diajarkan di pondok pesantren karena sifatnya yang lengkap.

Pengertian Kitab Kuning dan Isinya Secara Umum

Sebagaimana kamu tahu, Rasulullah saw. telah berpesan mengenai dua rujukan utama bagi seorang muslim agar selamat di dunia dan akhirat dalam hadits berikut.

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

Artinya: “Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) kitab Allah dan sunah rasul-Nya,” (Hadits sahih lighairihi, HR Malik, al-Hakim, al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm. Disahihkan oleh Syaikh Salim al-Hilali di dalam At-Ta’zhim wal Minnah fil Intisharis Sunnah, halaman 12–13)

Kitab kuning adalah kitab yang berisi kumpulan hasil pemikiran para ulama dengan mengambil referensi pada Al-Qur’an dan hadits, serta ijma’ dan qiyas.

Istilah kitab kuning digunakan bukan hanya untuk menunjuk satu kitab tertentu, melainkan untuk menggambarkan kitab-kitab dengan bahasa Arab. Pemberian nama tersebut disebabkan kertas yang dipakai berwarna kekuningan. Diketahui bahwa kitab-kitab tersebut datang ke Nusantara dari Timur Tengah dengan kertas berwarna kuningnya yang sangat khas.

Dikenal juga dengan istilah kitab gundul, kitab tradisional ini memang tidak mempunyai harakat, berbeda dengan tulisan Arab dalam Al-Qur’an. Adapun isi dari kitab tersebut adalah pelajaran-pelajaran dari berbagai disiplin ilmu agama Islam, seperti fiqih, hadits, akidah, akhlak/tasawuf, dan tafsir.

Selain itu, kitab ini juga berisi tata bahasa Arab, baik itu ilmu shorof maupun ilmu nahwu. Tak jarang, ilmu ‘ulumul qur’an juga dibahas dalam kitab ini. Bukan hanya itu saja, kitab kuning juga dapat berisi ilmu sosial dan kemasyarakatan yang tak kalah penting bagi kehidupan umat Islam.

Baca juga: Kitab Shorof dasar

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Contoh Kitab Kuning. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.