Cara Penggunaan Mesin Telegraf

Jika Anda sedang mencari cara penggunaan telegraf, cara menggunakan telegraf sekaligus atau bagaimana cara pemakaian telegraf, maka Anda sudah menemukan referensi yang tepat, karena dalam artikel ini akan dijelaskan tentang cara penggunaan mesin telegraf dengan lugas dan jelas, pastikan Anda baca artikel ini sampai selesai agar tidak ada yang terlewat.

Cara Menggunakan Telegraf

Lalu bagaimana cara kerjanya??

Telegraf atau telegraph berasal dari bahasa Yunani yaitu tele yang artinya “jarak” atau distant dan graphein yang artinya “untuk menulis”

Telegraf listrik bekerja menggunakan prinsip elektromagnetik, menggunakan kabel sebagai saluran penghubung antara pengirim dan penerima serta menggunakan kode morse yang tercetak sebagai media teks.

Baterai  diguanakan untuk menyuplai arus listrik. Bagian yang disebut key  digunakan untuk menyelesaikan atau memutus rangkaian, mirip seperti saklar. Detektor listrik atau electromagnet yang terdiri dari kumparan kawat yang menarik sepotong logam ketika listrik dilewatkan.

Kabel terbuat dari tembaga dengan penambahan kavbel untuk arus negatif. Baterai terdiri atas botol kaca yang diisi larutan kimia dengan tembaga dan seng elektroda yang dierndam dalam larutan.

Reaksi kimia antara elektroda dan larutan menhasilkan tegangan listrik. Setiap sel mempunyai tegangan sekitar 1 volt dan beberapa sel dirangkai seri untuk menaikkan tegangan baterai. Key terdiri dari dua potong kuningan atau tembaga yang dapat ditekan secara bersama-sama untuk mengizinkan arus listrik lewat atau memutus arus listrik dengan penambahan pegas untuk memudahkan pergerakan key (mirip seperti saklar atau switch). Electromagnet atau detektor listrik terdiri dari 50 sampai beberapa ratus kumparan yang terisolasi melilit inti besi.

Hal ini akan menarik potongan besi setiap kali arus listrik lewat dan hal ini juga menyebabkan adanya tanda kode Morse pada kertas, bahkan dapat dimodifikasi suara yang dihasilkan dari telegraf dengan detektor ini. Suara ini dihasilkan sebagai hasil dari pembentukan titik dan garis pada kertas.

Baca juga  Spesifikasi Pompa Sentrifugal (Centrifugal Pump)

Ketika electromagnet menarik besi, suara klik lebih berat dan ketika besi terlepas, suara klik terdengar tipis dan ringan. Operator telegraf belajar mendengarkan suara ini untuk mengetahui sandi Morse apa yang dihasilkan dari titik dan Garis yang tadi. Resonator digunakan untuk memperkuar suara dengan memantulkan gema dari sumber bunyi bersamaan dengan bunyi asli.

cara penggunaan telegraf

Cara kerjanya adalah Operator mengirimkan pesan dengan memasukkan pesan yang disinolkan tiap hruf, simbol dan bilangan dengan kode Morse.

Kode morse itu diwakilkan melalui impuls listrik, titik menandakan tegangan yang dihasilkan kecil, dan tegangan besar menghasilkan garis dan ditandai lewat suara, impuls listrik ditransmisikan lewat kabel penghubung.

Penerima kemudian mendapat pesan yang terkonversi dalam bentuk klik yang timbul akibat dua lempeng logam (key) saling berbenturan. Penerima bertugas mendengarkan pola klik berisi kode Morse, mencatat dan menerjemahkannya.

cara penggunaan telegraf 2

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan dari Mesin Telegraf

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Cara Penggunaan Mesin Telegraf. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel mesin berikutnya.

Leave a Comment