Cara Kerja Pompa Sentrifugal, Begini Prinsip nya

Teknik Area – Apakah Anda sedang mencari cara kerja pompa sentrifugal, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan prinsip kerja pompa sentrifugal yang biasanya diliat di kapal.

cara kerja pompa sentrifugal
Cara Kerja Pompa Sentrifugal di kapal

Pompa sentrifugal merupakan salah satu jenis pompa dinamis. Pompa ini mendorong fluida dengan arah tegak lurus dari poros impeler pompa. Berbeda dengan pompa aksial dimana arah aliran fluida sejajar dengan sumbu impeller.

Pompa sentrifugal salah satunya tersusun atas impeler dengan saluran masuk tepat di tengahnya. Impeler pompa sentrifugal memiliki desain yang berbeda dengan impeler pompa aksial.

Impeler pompa sentrifugal akan menciptakan gaya sentrifugal untuk mendorong fluida dari sisi tengah pompa (inlet) ke bagian luar impeler. Jadi, ketika impeler berputar dengan energi mekanis yang dihasilkan oleh sumber penggerak, aliran fluida akan mengarah dari inlet ke sisi luar impeler dan menuju ke dinding casing pompa.

Satu bagian penting pompa sentrifugal selain impeler adalah casing pompa. Casing pompa sentrifugal memiliki desain unik seperti cangkang siput.

Bentuk cangkang siput ini berfungsi untuk menurunkan kecepatan aliran fluida sementara kecepatan putaran impeller tetap tinggi. Kecepatan fluida dikonversikan oleh casing pompa menjadi tekanan sehingga fluida mencapai titik outlet pompa.

Pompa sentrifugal memiliki beberapa kelebihan termasuk operasionalnya yang halus, tekanan seragam pada debit pompa, biaya perawatan rendah, dan dapat bekerja pada kecepatan tinggi, sehingga aplikasi lebih lanjut dapat dihubungkan langsung dengan turbin uap, motor listrik, atau sumber penggerak lainnya.

Penggunaan pompa sentrifugal di dunia mencapai 80% karena penggunaannya yang cocok untuk fluida dalam jumlah besar daripada pompa positive displacement.

Cara Kerja Pompa Sentrifugal

Cara kerja pompa sentrifugal berdasarkan prinsip gaya sentrifugal yaitu bahwa benda yang bergerak secara melengkung akan mengalami gaya yang arahnya keluar dari titik pusat lintasan yang melengkung tersebut. Besarnya gaya sentrifugal yang timbul tergantung dari masa benda, kecepatan gerak benda, dan jari-jari lengkung lintasannya.

Baca juga  Gambar Pompa Sentrifugal dan Bagian Bagiannya

Ketika sebuah objek benda diputar dalam gerak melingkar, benda tersebut akan cenderung terlempar keluar dari pusat lingkaran. Satu cara untuk menambah energi kepada fluida cair adalah dengan memutar fluid atersebut dalam arah melingkar.

Gaya yang mengakibatkan sebuah objek terlempar keluar dalamgerak melingkar disebut gaya sentrifugal.Bagian pompa yang memutar flluida cair disebut impeller. Fluida cair mengalir meleluiinlet pompa dan masuk kedalam titik pusat impeller.

Selanjutnya impeller akan menggerakkan fluida tersebut dalam gerak melingkar, Fluida cair akan didorong dari titik pusat menuju bagian terluar dari bibir impeller. Semakin cepat impeller berputar, akan semakin cepat fluida cair  bergerak. Impeller disusun dari rangkaian vanes atau blade, yang berpungsi untuk mengarahkan aliran fluida).

Video Cara Kerja Pompa Sentrifugal

Video Prinsip Kerja Pompa Sentrifugal

FAQ

Bagaimana prinsip kerja pompa sentrifugal?

Pompa sentrifugal bekerja berdasarkan prinsip gaya sentrifugal yaitu bahwa benda yang bergerak secara melengkung akan mengalami gaya yang arahnya keluar dari titik pusat lintasan yang melengkung tersebut. Besarnya gaya sentrifugal yang timbul tergantung dari masa benda, kecepatan gerak benda, dan jari-jari lengkung lintasannya.

Apa yang dimaksud dengan pompa sentrifugal?

Pompa sentrifugal adalah suati mesin kinetis yang mengubah energi mekanik menjadi energi fluida menggunakan gaya sentrifugal (Sularso, 2004), pompa sentrifugal terdiri dari sebuah cakram dan terdapat sudu-sudu, arah putaran sudu-sudu itu biasanya dibelokkan ke belakang terhadap arah putaran.

Apa yang dimaksud dengan impeller?

Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dari pusat rotasi.

Baca juga: Teori Dasar Pompa Sentrifugal

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Cara Kerja Pompa Sentrifugal, dan Prinsip nya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pompa sentrifugal berikutnya.

Leave a Comment