Biografi Penemu Kipas Angin Listrik

Apakah Anda sedang mencari penemu kipas angin, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan siapa penemu kipas angin pertama kali.

Kipas angin listrik ditemukan pertama kali oleh Schuyler Skaats Wheeler. Berikut ini biografi Dr. Wheeler dan sejarah singkat mengenai penemuannya.

penemu kipas angin

Bagi kamu yang tinggal di daerah yang bersuhu panas, pasti akrab dengan kipas angin. Di Indonesia yang memang beriklim tropis, kipas angin merupakan alat elektronik yang sangat berguna.

Meski demikian, tidak banyak orang tahu siapa penemu kipas angin. Nah, penemu kipas angin listrik pertama adalah Schuyler Skaats Wheeler.

Untuk menambah pengetahuan kamu, kali ini kita akan membahas biografi sang penemu kipas ngin listrik serta sejarah penemuannya tersebut. Yuk, simak ulasan berikut inI!

Sejarah Hidup Schuyler Skaats Wheeler

Schuyler Skaats Wheeler atau yang dikenal dengan Dr. Wheeler adalah seorang insinyur dan ilmuwan asal Amerika Serikat.

Selain menemukan kipas angin listrik, Dr. Wheeler juga merupakan penemu lift listrik, dan mesin pemadam kebakaran listrik. Dia juga pernah mengembangkan dan menerapkan kode etik bagi para insinyur listrik.

Dr. Wheeler lahir pada tanggal 17 Mei 1860 dan wafat pada 20 April 1923. Ia adalah anak dari James Edwin dan Annie Wood (Skaats) Wheeler.

James Edwin adalah seorang pengacara di New York sedangkan ibunya adalah anak dari David Schuyler Skaats, seorang president First National Bank of Waterloo, New York. 

Schuyler Skaats Wheeler pernah bersekolah di Columbia Grammar & Preparatory School dan tamat pada tahun 1881.

Ketika ayahnya meninggal, ia bekerja di Yablochkov Electric Lighting Company sebuah perusahaan yang menjual produk-produk kelistrikan. 

Semasa hidupnya, Wheeler menikah sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1890 dengan Ella Adams yang wafat pada tahun 1895.

Tiga tahun berselang, tepatnya pada 1898, ia menikah lagi dengan Miss Amy Sutton, putri John Joseph Sutton dari Rye, New York. Ia sudah menemukan berbagai alat kelistrikan dan salah satunya adalah kipas angin listrik. 

Bagaimana Kipas Angin Listrik Bisa Ditemukan?

Sebelum penemuan kipas angin listrik oleh Dr. Wheeler, orang Mesir kuno sebenarnya telah membuat kipas angin sederhana menggunakan tenaga manusia.

Orang Mesir juga menemukan teknik mengipasi udara menggunakan tikar basah atau kapal berisi air untuk mendinginkan ruangan.

Kemudian Orang Yunani dan Romawi lebih suka bulu merak sebagai kipas. Selain itu,  Kaisar Romawi juga menambahkan salju sebagai pendingin yang diambil dari Gunung Alpen. 

Orang Jepang juga menciptakan kipas lipat pada abad ke delapan yang mungkin terinspirasi dari cara kelelawar melipat sayap.

Orang Cina juga bisa dibilang sebagai pelopor dalam mekanisasi kipas. Sekitar 180 M, penemu dinasti Han yang terkenal, Ting Huan menciptakan kipas putar yang menggunakan tujuh roda. Masing-masing roda berdiameter 10 kaki di mana satu orang bisa mendinginkan seluruh aula. 

Gagasan Kaisar Romawi untuk menggabungkan kipas dengan es atau salju muncul kembali pada awal abad ke-19 untuk penyejuk udara.

Pada tahun 1830-an John Gorrie, seorang dokter Amerika, meniupkan udara di atas seember es untuk mendinginkan kamar rumah sakit penderita malaria dan demam kuning.

Kemudian ketika Presiden Amerika, James Garfield, ditembak pada tahun 1881, para insinyur Angkatan Laut AS datang dengan sebuah alat yang menggabungkan kipas dan kain es. Hal itu bertujuan untuk menurunkan suhu ruangan presiden sekitar 20 derajat. 

Namun, semua kipas angin tersebut hanya mengandalkan tenaga manusia atau kuda. Hingga akhirnya, Dr. Wheeler pada tahun 1882 menemukan cara menerapkan ilmu kelistrikan yang masih baru.

Ia membuat kipas yang terdiri dari dua bilah tanpa pelindung dan ditenagai oleh  listrik. Kipas angin listrik ini dipasarkan oleh Crocker & Curtis Electric Motor Co.

Sementara itu, pengembangan kipas listrik jatuh ke Philip H. Diehl, seorang imigran Jerman. 

Dia mengambil motor mesin jahit, memasang bilah kipas angin dan menempelkan semuanya ke langit-langit – sehingga menciptakan kipas langit-langit, yang dipatenkan pada tahun 1887. 

Kipas angin listrik terus mengalami perkembangan. Berbagai teknologi disatukan sehingga menghasilkan alat yang canggih dan berguna untuk mendinginkan suhu ruangan. Pada tahun 1902, Carrier menciptakan AC pertamanya. Penemuan Carrier segera menjadi pendingin bioskop, department store dan bahkan, pada tahun 1929, Kongres AS.

Itulah sejarah singkat perkembangan kipas angin dari yang paling sederhana, berkembang jadi kipas angin listrik, hingga terciptanya AC atau air conditioner. Semua alat tersebut pada dasarnya berfungsi untuk mendinginkan suhu ruangan. 

Fakta Menarik Dr. Wheeler, sang Penemu Kipas Angin Pertama Kali

Nah, setelah mengetahui sejarah singkat tentang perkembangan kipas angin, ada baiknya kamu mengetahui segala fakta menarik tentang penemunya. Dr. Wheeler ternyata memiliki berbagai fakta menarik lho! Mau tau? Yuk, disimak!

  1. Pernah Bekerja dengan Thomas A. Edison

Dr. Wheeler pernah bekerja dengan Thomas A. Edison saat lampu pijar baru-baru ditemukan. Dr. Wheeler saat berusia 21 tahun selesai mengenyam pendidikannya dan menjadi staff teknik Edison. Dr. Wheeler terlibat dalam proyek Stasiun Pearl Street dan bertindak sebagai manajer umum sistem distribusi bawah tanah di Newburgh, New York. Dia kemudian bertugas untuk meletakkan sistem bawah tanah Edison di kota-kota lain. 

  1. Pernah Jadi Presiden AIEE

Dr. Wheeler pernah menjadi presiden American Institute of Electrical Engineers atau disingkat AIEE pada periode 1905-1906. Sebelum menjadi Presiden AIEE, ia sempat menjadi Wakil Presiden AIEE selama tiga tahun. 

  1. Dianugerahi John Scott Medal

Karena penemuan kipas anginnya, Dr. Wheeler dianugerahi medali John Scott dari Franklin Institute pada tahun 1904. John Scott medal adalah penghargaan yang diberikan kepada setiap penemuan yang mampu meningkatkan kesejahteraan, kebahagiaan, dan kenyamanan umat manusia. 

  1. Penemu Banyak Alat Elektronik

Selain menemukan kipas angin, Dr. Wheeler juga menemukan banyak alat elektronik lainnya. Ia adalah penemu lift listrik, mesin pembakar listrik, dan lain-lain. Bisa dibilang, ia begitu kreatif dan memanfaatkan listrik untuk mengganti tenaga manusia dan kuda. 

  1. Seorang Bergelar Doctor of Science

Schuyler Skaats Wheeler adalah seorang ilmuwan bergelar doktor yang didapat dari Hobart College pada tahun 1894. Selain itu, ia juga mendapatkan Master of Science oleh Columbia College pada tahun 1912. Ia mendapatkan gelar terhormat tersebut karena penemuan alat listriknya yang inovatif. 

  1. Tidak memiliki Keturunan

Walau Dr. Wheeler sudah menikah sebanyak dua kali, ia tak dikaruniai anak satupun. Pernikahan pertamanya dengan Ella Adams serta dengan Miss Amy Sutton, tidak memberinya keturunan. 

  1. Juga Seorang Penulis

Dr. Wheeler pernah menulis beberapa teknikal artikel yang berhubungan dengan kelistrikan. Dia menulis artikel untuk Harper’s Weekly dengan judul “The Cheap John in Electrical Engineering”. Kemudian pada tahun 1894, dia ikut dalam proyek penulisan buku berjudul “The Practical Management of Dynamos and Motors”. 

  1. Seorang Pemimpin Perusahaan

Semasa hidupnya, Wheeler pernah memimpin dua perusahaan. Pertama adalah perusahaan Crocker-Wheeler Motor Company di New York. Kedua adalah Crocker-Wheeler Company di New Jersey. Ia menjadi presiden di dua perusahaan tersebut pada tahun 1889. 

  1. Membeli Sebuah Perpustakaan

Pada tahun 1900, ia pernah membeli perpustakaan Josiah Latimer Clark. Perpustakaan tersebut mengoleksi banyak buku listrik langka dan merupakan salah satu yang terbesar di Amerika. Perpustakaan ini bernama “Latimer Clark Library” yang kemudian menjadi perpustakaan organisasi Institute of Electrical and Electronics Engineers.  

  1. Wafat Karena Angina Pektoris

Pada tahun 1923, Dr. Wheeler wafat karena angina pektoris. Penyakit ini adalah rasa sakit pada dada yang terjadi karena kurangnya aliran darah serta oksigen ke jantung. Dr. Wheeler wafat pada usia 62 tahun.

Baca juga Apa yang menyebabkan kipas angin dapat berputar

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang penemu kipas angin. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kipas angin berikutnya.

Sumber: https://www.tokopedia.com/blog/penemu-kipas-angin-edu/

Leave a Comment