Berdasarkan wujudnya limbah dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian? sebutkan

Apakah Anda sedang mencari berdasarkan wujudnya limbah dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian? sebutkan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

berdasarkan wujudnya limbah dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian sebutkan

Soal: berdasarkan wujudnya limbah dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian? sebutkan

Jawaban: .Limbah berdasarkan wujudnya:
a. Limbah padat
b. Limbah cair
c. Limbah gas

Penjelasan:

1. Limbah Padat

Limbah padat merupakan sisa dari aktivitas manusia yang ada dalam wujud padat. Limbah jenis ini kemudian dikelompokkan lagi dalam beberapa kategori yakni:

  • Sampah organik mudah membusuk

Sampah ini merupakan limbah padat setengah basah. Umumnya limbah ini dijumpai dari hasil pengelolaan dapur. Misalnya sisa makanan, sisa sayuran maupun kulit buah. Karena bersifat organik, sampah jenis ini mudah diurai oleh mikroorganisme.

  • Sampah anorganik dan organik yang sulit terurai

Kategori limbah padat selanjutnya adalah sampah, baik anorganik dan organik yang sulit terurai. Jenis limbah seperti ini cukup sulit terurai secara alami meski sudah terlihat membusuk. Misalnya, kertas, plastik, logam, kaca, serta selulosa.

  • Sampah Industri

Merupakan sampah berbentuk padat yang dihasilkan dari proses industrial. Jenis limbah yang dihasilkan tergantung pada industrinya. Misalnya sisa sampah elektrik, kabel hingga lumpur dan padatan.

  • Sampah Abu

Limbah padat yang berbentuk abu umumnya merupakan hasil pembakaran. Jenis limbah ini memiliki tekstur ringan sehingga mudah dibawa angin.

2. Limbah Cair

Limbah cair merupakan produk buangan aktivitas domestik maupun produksi industri yang berbentuk cairan. Limbah cair tak hanya berupa air tetapi juga termasuk dalam bahan-bahan yang tercampur atau larut dalam cairan. Limbah ini terbagi atas:

  • Limbah cair industri

Merupakan limbah hasil buangan dari proses industri. Pada proses produksi barang berskala industri, pabrik menggunakan banyak air dalam sistemnya. Tak hanya itu, sisa air yang terpakai dalam proses yang juga harus dibuang. Misalnya air sisa cucian buah dan daging atau sisa air pewarna tekstil.

  • Limbah cair domestik

Merupakan limbah cair yang berasal dari rumah tangga, perkantoran, usaha, atau pengerjaan bangunan. Misalnya sisa air sabun, sisa detergen, dan air tinja.

  • Rembesan

Limbah jenis ini berasal dari saluran pembuangan limbah cair yang meluap ke permukaan tanah atau merembes ke dalam tanah. Misalnya air dari pendingin udara, air buangan dari talangan atap atau berasal dari proses bertani dan berkebun.

  • Air Hujan

Air hujan bisa berpotensi menjadi limbah cair. Ini disebabkan air hujan yang berada di permukaan tanah dapat mengalir dan membawa partikel padat atau cair.

3. Limbah Gas

Jenis limbah ini merupakan limbah yang terdapat di udara. Sejatinya dalam udara terkandung banyak unsur kimia, seperti karbon dioksida, nitrogen, hidrogen, oksigen dan jenis unsur lainnya.

Namun, bila ada penambahan unsur gas tertentu dalam jumlah banyak dan melebihi kapasitas udara normal, maka dapat menurunkan kualitas udara. Akibatnya, udara sekitar pun tercemar dan bisa mengganggu kesehatan masyarakat.

Umumnya limbah gas dihasilkan dalam proses industrial yakni gas yang dikeluarkan dalam bentuk asap, partikel maupun debu. Ketika tidak dikelola, penyebarannya bisa menjadi lebih luas terlebih saat ada angin. Pencemaran gas ini tak dapat dilihat secara langsung, tetapi dapat dirasakan, misalnya jika tercium aroma tidak sedap.

Baca juga : Jelaskan apa yang dimaksud dengan limbah lunak organik dan limbah lunak anorganik

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang berdasarkan wujudnya limbah dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian? sebutkan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.cpm, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ipa berikutnya.

Don`t copy text!