Bagian Bagian Platform Offshore

Teknik Area – Apakah Anda sedang mencari bagian bagian platform Offshore, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan bagian-bagian fix platform Offshore (bangunan lepas pantai).

Sebenarnya terdapat type bangunan lepas pantai lainya yaitu struktur terapung yang nanti kita akan bahas. Di dalam struktur terpancang (fix offshore platform) ini terdapat beberapa bagian yang perlu kita kenal sebagai dasar nanti kita terjun di bidang ini.

Bagian Bagian Fix Platform Offshore

Terdapat 3 bagian utama dalam fix offshore platform, yaitu Deck, Jacket, dan Pile. Secara garis besar 3 komponen inilah critical dalam tahap desain, konstruksi, hingga tahap instalasi. Sebagai seorang insinyur harus mengakomodir kebutuhan client, dan sesuai dari Code (standard yang berlaku) misalnya untuk standar platform ini mengacu pada API RP2A. Apa saja ke 3 struktur terebut ? 

1. Geladak (Deck) Bangunan Atas 

bagian bagian platform offshore 1

Geladak adalah bagian yang berada diatas permukaan air dan merupakan fasilitas utama jacket yang menentukan fungsi struktur.

Konstruksi geladak jacket platform berada pada ketinggian tertentu dari permukaan air tenang (LWL- Low Water level) sehingga tidak terjangkau gelombang laut. Konstruksi geladak terdiri datas beberapa kelompok jenis konstruksi (modules) dimana jumlah, kelengkapan, dan fasilitas yang ada pada geladak tergantuk pada fungsi utama yang harus dilaksaakan oleh jakcet platform sendiri.

Umumnya pada jacket platform  terdapat beberapa bagian sesuai lokasi ketinggian dan kegunaan. Misalnya : Main Deck, Cellar Deck, Mezanine Deck. dan lain sebagainya 

2. Jacket 

bagian bagian platform offshore 2

Jacket merupakan badan jacket steel platform yang sebagian besar berupa konstuksi pipa (tubular). Struktur jacket sebagiab besar terendam air hingga dasar laut.

Baca juga  Marpol Annex 2 (Bahasa Indonesia)

Fungsi utama struktur jakcet adalah menopang konstruksi geladak dan fasilitas produksi yang ada. menahan struktur dari beban lateral, dan momen guling akibat beban lingkungan (gelombang, arus, pasang surut).

Sepemahaman saya, Kaki Jacket memiliki bermacam varian, minimal 3 kaki, 4 kaki, 6 kaki dan 8 kaki. 

3. Tiang Pancang (Piles)

bagian bagian platform offshore 3

Tiang pancang merupkan struktur jacket platform yang di pancangkan ke dalam dasar laut hingga kedalaman 30 – 150 m.

Fungsi utama tiang pancang adalah sebagai fondasi struktur jacket yang menahan beban lateral dan aksial yang di transformasikan ke tanah. Untuk itu karakteristik pondasi jacket platform selain ditentukan oleh perancangan tiang pancang itu sendiri juga ditentukan oleh kondisi tanah yang ada ( Soil mechanic).

Baca juga:

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang bagian-bagian fix platform offshore. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bangunan lepas pantai berikutnya.

sumber: https://www.afrizalr.com/2016/06/2-bagian-bagian-pada-offshore-platform.html

Leave a Comment