Bagaimana keterkaitan antara kromosom DNA dan inti sel

Apakah Anda sedang mencari Bagaimana keterkaitan antara kromosom DNA dan inti sel, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Bagaimana keterkaitan antara kromosom DNA dan inti sel

Soal : Bagaimana keterkaitan antara kromosom DNA dan inti sel

Jawaban :

Bagian utama dari sebuah sel adalah nucleus atau yang kita sebut juga sebagai inti sel. Pada umumnya, di dalam inti sel ini terdapat benang-benang halus yang kita sebut sebagai kromatin.

Pada saat sel mulai akan membelah diri, berbagai benang halus tersebut kemudian akan menebal, memendek dan mudah menyerap warna membentuk kromosom.

Kromosom ini sendiri memiliki struktur yang padat dan terdiri dari dua komponen molekul, yaitu DNA dan protein. Secara structural, perubahan DNA dan protein menjadi kromosom di awali pada tahap profase.

Molekul DNA kemudian akan saling berikatan dengan protein histon dan non histon untuk membentuk sejumlah nukleosom. Segala unit nukleosom bergabung memadat membentuk benang yang lebih padat dan terpilin menjadi lipatan solenoid.

Lipatan solenoid yang tersusun padat tersebut akan menjadi benang kromatin. Benang tersebut kemudian akan tersusun lagi secara memadat dan membentuk lengan kromatin. Selanjutnya lengan kromatin akan mengganda dan membentuk kromosom. Inilah hubungan di antara ketiga komponen tersebut yang saling berkaitan.

Pembahasan :

Gen adalah bagian kromosom atau salah satu kesatuan kimia (DNA) dalam kromosom, yaitu dalam lokus yang mengendalikan ciri genetis suatu makhluk hidup. Gen diwariskan oleh satu individu kepada keturunannya melalui suatu proses reproduksi.

kromosom merupakan suatu struktur makromolekul yang berisi DNA dimana informasi genetic dari sel. Pada umumnya, kromosom terdiri dari dua bagian, yaitu sentromer yang merupakan pusat kromosom berbentuk bulat dan lengan kromosom yang mengandung kromonema dan gen yang berjumlah dua buah.

Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan DNA merupakan sejenis asam nukleat yang tergolong biomolekul utama penyusun berat kering setiap organisme. Di dalam sel, DNA umumnya terletak di dalam inti sel. DNA merupakan polimer yang terdiri dari tiga komponen utama

HUBUNGAN GEN, KROMOSOM DAN DNA
Bagian utama sebuah sel adalah nukleus, di dalam nukleus terdapat benang-benang halus yang disebut kromatin. Pada saat sel akan mulai membelah diri, benang-benang halus tersebut menebal, memendek dan mudah menyerab warna membentuk kromosom.

Kromosom adalah struktur padat yang terdiri dari dua komponen molekul, yaitu DNA dan protein. Secara struktural perubahan DNA dan protein menjadi kromosom di awali pada saat profase. Molekul DNA akan berikatan dengan protein histon dan nonhiston membentuk sejumlah nukleosom.

Unit-unit nukleosom bergabung memadat membentuk benang yang lebih padat dan terpilin menjadi lipatan-lipatan solenoid. Lipatan solenoid tersusun padat menjadi benang-benang kromatin. Benang-benang kromatin akan tersusun memadat membentuk lengan kromatin. Selanjutnya kromatin akan mengganda membentuk kromosom.

BACA JUGA : Pernyataan tentang kromosom dna dan inti sel yang benar adalah

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Bagaimana keterkaitan antara kromosom DNA dan inti sel. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com , semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.