Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia

Apakah Anda sedang mencari Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia

Soal : Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia

Jawaban : Hak dan kewajiban manusia merupakan hal saling terkait. Karena antara HAM dan KAM harus dijalankan secara seimbang dan beriringan, sebab agar nantinya tidak ada ketimpangan dalam kehidupan bermasyarakat guna menjaga kerukunan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Pembahasan :

Hak asasi manusia adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. Oleh karenanya, tidak ada kekuasaan apapun di dunia yang dapat mencabutnya.

Hak ini sifatnya sangat mendasar (fundamental) bagi hidup dan kehidupan manusia dan merupakan hak kodrati yang tidak bisa terlepas dari dan dalam kehidupan manusia.  

Sedangkan untuk kewajiban asasi manusia adalah suatu kewajiban mutlak yang perlu dilakukan oleh semua orang sesuai dengan apa yang ada dalam jati diri manusia.

Hubungan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dan harus berjalan dengan seimbang. Sehingga ketika seseorang menuntut haknya maka seseorang tersebut harus memenuhi kewajibannya.

Karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak-hak dan sebaliknya yang akan menimbulkan pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang dan menghindarkan diri dari sikap egois atau mementingkan diri sendiri.

Apabila semua orang tidak menjalankan KAM dan hanya menuntut HAM, maka semua orang tidak akan merasakan Haknya. Maka dari itu, antara HAM dan KAM memiliki keterkaitan yang sangat erat sekali dan tidak dapat dipisahkan maupun dikurangi.

BACA JUGA : Keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia memiliki dampak positif kecuali

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel sosial budaya berikutnya.

Don`t copy text!