Bagaimana ciri-ciri teks eksposisi

Apakah Anda sedang mencari bagaimana ciri-ciri teks eksposisi, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Bagaimana ciri-ciri teks eksposisi

Soal: bagaimana ciri-ciri teks eksposisi

Jawaban:

  1. Teks eksposisi mengemukakan sejumlah pendapat disertai fakta.
  2. Teks eksposisi memuat penilaian, dorongan, atau ajakan-ajakan tertentu kepada khalayak.
  3. Teks eksposisi dibentuk oleh dua unsur utama, yaitu gagasan dan fakta. Gagasan merupakan pernyataan yang berupa komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan. Fakta merupakan sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi, yang berfungsi untuk memperkuat gagasan sehingga diharapkan lebih meyakinkan khalayak.
  4. Bentuk teks eksposisi dapat berupa esai, tajuk rencana (editorial), ataupun tanggapan kritis.

Penjelasan:

Teks eksposisi merupakan teks nonfiksi  yang memuat dan menjelaskan suatu  informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta sebenarnya. Sebuah informasi atau pengetahuan dalam teks eksposisi disampaikan secara singkat, jelas, padat, dan akurat.

Informasi atau pengetahuan tersebut harus meliputi: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana berdasarkan fakta yang sebenarnya. Teks eksposisi berisi informasi atau fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya oleh penulis.

Tujuan penulisan teks eksposisi yaitu menjelaskan informasi atau pengetahuan dari penulis berdasarkan fakta sebenarnya agar menambah wawasan atau pandangan pembaca.

Baca juga : Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang bagaimana ciri-ciri teks eksposisi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bahasa berikutnya.