Apakah Yang Dimaksud Dengan Letak Geografis Suatu Wilayah?

Berikut penjelasan apa yang dimaksud dengan letak geografis?

Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi yang biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi, seperti benua, laut, gunung, samudera, gurun, dan lain sebagainya yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.

Adapun menurut seorang analis geopolitik dari Amerika Serikat, Robert Kaplan, letak geografis merupakan letak suatu wilayah (negara) yang secara luas akan menjadi determinan yang memengaruhi berbagai peristiwa yang lebih daripada apa yang pernah terjadi sebelumnya atau yang menentukan masa depan suatu wilayah.

apakah yang dimaksud dengan letak geografis

Pengertian lain letak geografis juga merupakan letak suatu daerah yang dilihat dari kenyataannya di bumi dan semua tempat, termasuk Indonesia punya letak geografis.

Letak geografis menentukan letak posisi suatu daerah dengan daerah yang lain.

Apabila dilihat dari letak geografisnya, Indonesia berada di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak geografis indonesia juga berbatasan dengan negara-negara lainnya seperti berikut:

  • Sebelah Utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina
  • Sebelah Selatan, Indonesia berbatasan dengan Australia
  • Sebelah Barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Sebelah Timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini

Baca juga ciri ciri pantai dataran tinggi dataran rendah

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang apakah yang dimaksud dengan letak geografis. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geografis berikutnya.

Leave a Comment