Apa Yang Dimaksud Dengan Letak Geologis Suatu Wilayah, Indonesia?

Apakah Anda sedang mencari apa yang dimaksud dengan letak geologis, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan letak geologis suatu wilayah seperti di Indonesia.

Letak geologis adalah letak suatu wilayah dilihat dari susunan bebatuannya. Letak ini bisa diamati dari jenis-jenis batuan yang dikandung suatu wilayah dan tidak bisa dilepaskan dari proses terjadinya pegunungan. khususnya Indonesia yang mempunyai banyak rangkaian pegunungan, baik mati atau masih aktif.

apa yang dimaksud dengan letak geologis

Letak geologis suatu negara ialah letak suatu wilayah yang berdasarkan susunan batuannya. berarti pengertian letak geologis ialah letak suatu negara yang dilihat dari kondisi bebatuannya yang terdapat dalam bagian bumi di wilayah tersebut.

Bagaimana dengan letak negara Indonesia secara geologis? Secara geologis, Indonesia berada di antara pegunungan besar, dan berada di antara beberapa daerah dangkalan yang menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia. Berikut dibawah ini penjelasan letak geologis Indonesia.

  1. Indonesia dilewati oleh dua pegunungan besar di dunia yakni rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.
  2. Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng lithosfer yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik.
  3. Indonesia berada di tiga daerah dangkalan yakni dangkalan Sunda, dangkalan Sahul dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.
  4. keadaan geologis Indonesia yang mempunyai banyak gunung api ini memiliki dampak positif dan negatif. yang menyebabkan tanah di Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi dan juga bisa menyebabkan sering terjadinya bencana alam yang disebabkan peristiwa vulkanik.

Baca juga Apakah Yang Dimaksud Dengan Letak Geografis Suatu Wilayah?

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang apakah yang dimaksud dengan letak geologis. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geologis berikutnya.

Leave a Comment