Apa yang dimaksud dengan kromosom

Apakah Anda sedang mencari Apa yang dimaksud dengan kromosom, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

apa yang dimaksud dengan kromosom

Soal : Apa yang dimaksud dengan kromosom ?

Jawaban :

Kromosom adalah sebuah molekul DNA panjang yang mengandung sebagian atau seluruh materi genetik suatu organisme. Sebagian besar kromosom pada eukariota memiliki protein pengemas yang disebut histon yang dibantu oleh protein pendamping, mengikat dan memadatkan molekul DNA untuk menjaga integritasnya. 

Kromosom-kromosom ini menampilkan struktur tiga dimensi yang kompleks, yang berperan penting dalam regulasi transkripsi. Kromosom biasanya terlihat di bawah mikroskop cahaya hanya selama metafase pada pembelahan sel (ketika semua kromosom berjajar di tengah sel dalam bentuk terpadatkan atau terkondensasi). 

Sebelum ini terjadi, setiap kromosom diduplikasi (fase S) dan kedua salinan digabungkan oleh sentromer sehingga membentuk struktur berbentuk X (jika sentromer terletak di ekuator) atau membentuk struktur dua lengan (jika sentromer terletak di bagian tepi).

Salinan yang bergabung ini sekarang disebut kromatid saudara. Selama metafase, struktur berbentuk X disebut kromosom metafase yang sangat memadat sehingga mudah dibedakan dan dipelajari. Dalam sel hewan, kromosom mencapai tingkat pemadatan tertinggi ketika anafase selama proses segregasi kromosom.

BACA JUGA : Bagaimana keterkaitan antara kromosom DNA dan inti sel

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Apa yang dimaksud dengan kromosom. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.