Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Pantai?

Apakah Anda sedang mencari garis pantai, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan pengertian/definisi garis pantai.

apa yang dimaksud dengan garis pantai

Apa Itu Garis Pantai?

Garis pantai adalah garis pertemuan antara daratan dan lautan yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 4 Tahun 2011 Pasal 13 ayat 1.

Dari definisi tersebut, garis pantai dibagi menjadi tiga yaitu garis pantai surut terendah, garis pantai surut tertinggi dan garis pantai tinggi muka air laut rata-rata. Garis pantai sangat bergantung pada dinamika parameter oseanografi di pantai tersebut. Wilayah ini bersifat dinamis dan rentan terhadap perubahan lingkungan baik karena proses alami maupun akibat aktivitas manusia.

Rais (2000) mengemukakan bahwa wilayah pesisir merupakan wilayah yang sangat padat jumlah penduduknya dan populasi dunia yang hidup di wilayah pesisir berkisar antara 50-70 % dari total penduduk dunia.

Di Indonesia sendiri 60 % penduduknya hidup di wilayah pesisir, peningkatan jumlah penduduk yang hidup di wilayah pesisir memberikan dampak tekanan terhadap sumberdaya alam pesisir seperti degradasi pesisir, pembuangan limbah ke laut, erosi pantai (abrasi), akresi pantai (penambahan pantai) dan sebagainya.

Perubahan Garis Pantai

Dalam melakukan berbagai aktivitas untuk meningkatkan taraf hidupnya, manusia melakukan perubahan-perubahan terhadap ekosistem dan sumberdaya alam sehingga berpengaruh terhadap lingkungan di wilayah pesisir khususnya garis pantai.

Perubahan garis pantai ini banyak dilakukan oleh aktivitas manusia seperti pembukaan lahan, eksploitasi bahan galian di daratan pesisir yang dapat merubah keseimbangan garis pantai melalui suplai muatan sedimen yang berlebihan. Dengan curah hujan yang dengan intensitas tinggi juga dapat mempengaruhi peruhan garis pantai.

Baca juga  Nama-nama Dataran Rendah di Pulau Sumatera

Baca juga Apa Yang Dimaksud Dengan Pantai dan Contohnya

Faq

Garis pantai adalah

Garis pantai adalah batas pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang tertinggi. Garis laut dapat berubah karena adanya abrasi, yaitu pengikisan pantai oleh hantaman gelombang laut yang menyebabkan berkurangnya areal daratan.

Apa yang menyebabkan garis pantai berubah ubah?

Garis ini bisa berubah karena beberapa hal seperti abrasi dan sedimentasi yang terjadi di pantai, pengikisan ini akan menyebabkan berkurangnya areal daratan, sehingga menyebabkan berubahnya garis pantai.

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang apa yang dimaksud dengan garis pantai. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pantai berikutnya.

Leave a Comment