Apa yang dimaksud dengan DNA dan RNA

Apakah Anda sedang mencari Apa yang dimaksud dengan DNA dan RNA, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Apa yang dimaksud dengan DNA dan RNA

Soal : Apa yang dimaksud dengan DNA dan RNA ???

Jawaban :

DNA merupakan suatu asam nukleat yang menyusun gen di dalam inti sel. Di dalamnya, tersimpan segala informasi biologis dari setiap makhluk hidup dan beberapa virus. Tidak hanya di dalam inti sel, DNA juga terdapat di dalam mitokondria, kloroplas, sentriol, plastid, hingga sitoplasma.

Struktur DNA terdiri dari suatu molekul besar kompleks dengan dua pita panjang saling berpilin membentuk heliks ganda. Setiap DNA terbentuk dari ratusan hingga ribuan polimer nukleotida. Setiap nukleotida terdiri dari:

  • Gula pentosa deoksiribosa atau 2-deoksiribosa (H−(C=O)−(CH2)−(CHOH)3−H)
D-deoxyribose chain-3D-balls.png
D-Deoxyribose.png
  • Gugus fosfat atau Ostorifosfat (PO43-)
Stereo skeletal formula of phosphate
  • Basa nitrogen atau nukleobasa

RNA adalah makromolekul polinukleotida berupa rantai tunggal atau ganda yang tidak berpilin seperti halnya DNA. RNA banyak terdapat pada ribosom atau sitoplasma dan keberadaannya tidak tetap karena mudah terurai dan harus dibentuk kembali.

RNA berperan dalam proses sintesis protein di dalam sel. Akan tetapi, pada beberapa jenis virus, RNA berperan seperti DNA untuk membawa informasi genetik. Berbeda dengan DNA, RNA merupakan rantai tunggal polinukleotida.

Tiap ribonukleotida terdiri dari 3 gugus molekul, yaitu gula 5 karbon (ribosa), gugus fosfat, membentuk punggung RNA bersama ribosa, basa nitrogen, yang terdiri dari basa purin yang sama dengan DNA sedangkan pirimidin berbeda, yaitu sitosin dan urasil, dan gugus fosfat.

RNA ribosom (rRNA) memiliki rantai tunggal, tidak bercabang, serta fleksibel pada ribosom yang dibentuk DNA di dalam inti sel. Jumlahnya lebih banyak daripada mRNA ataupun tRNA. Fungsi dari rRNA adalah sebagai mesin perakit polipeptida pada sintesis protein.

BACA JUGA : Apa yang dimaksud dengan kromosom

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Apa yang dimaksud dengan DNA dan RNA. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com , semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.

Don`t copy text!