Apa tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Islam

Apakah Anda sedang mencari Apa tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Islam, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Apa tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Islam

soal: Apa tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Islam

jawaban:

Tujuan mempelajari sejarah perkembangan islam yaitu:

  • Untuk mengetahui sejarah kehidupan umat Islam pada masa lalu.
  • Untuk mengetahui berbagai peristiwa kehidupan yang terjadi pada masa lalu.
  • Untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang sejarah umat Islam pada masa lalu.

           Manfaat mempelajari sejarah perkembangan islam pada masa modern adalah memunculkan kesadaran umat Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Di sisi lain kita juga harus mengutamakan pentingnya ukhuwah Islamiyah, pentingnya nasionalisme, dan pentingnya kemurnian ajaran Islam, penerapan sistem demokrasi dalam pemerintahan, pembaharuan di bidang militer, pendidikan, dan ekonomi, penumbuhan sikap aktif dan dinamis di kalangan umat Islam.

Dari mempelajari secara seksama terhadap sejarah perkembangan islam pada abad modern, terdapat hikmah sebagai berikut :

1. Islam tidak membenarkan sikap terlalu membanggakan terhadap generasi sebelumnya. Karena sikap fanatisme atau bangga terhadap generasi sebelumnya, melahirkan sikap lemah terhadap generasi itu sendiri.

2. Mendorong semangat umat islam untuk berjuang. Perjuangan adalah upaya dalam mengatasi persoalan umat sesuai tuntutan zaman. Karena persoalan setiap zaman akan terus berubah, sehingga menuntut kepedulian dan keterampilan tokoh pemikir umat islam untuk memberikan jawaban yang sesuai.

3. Mendorong umat islam untuk meraih kemajuan yang hakiki. Hanya dapat diraih oleh umat islam apabila umat islam berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan hadist, hal ini karena tidak ada tuntunan hidup yang paling benar untuk membimbing manusia dalam meraih kemajuan hidup yang sebenarnya, kecuali bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist.

4. Mendorong umat islam untuk memiliki prinsip hidup yang kuat dan selamat akan lahir dalam diri setiap umat islam melalui akidah (Keyakinan) yang benar yakni sesuai dengan petunjuk Al-Qur’an dan Hadist.  

5. Mendorong umat islam untuk memahami hakikat hidup dan kehidupan yang harus diperjuangkan oleh setiap umat manusia adalah untuk beribadah kepada Allah dan menjadi manusia yang bermanfaat

Baca juga : Ayat Al-Qur’an tentang Tarikh

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Apa tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Islam. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Don`t copy text!