Apa pekerjaan utama masyarakat pesisir

Apakah Anda sedang mencari apa pekerjaan utama masyarakat pesisir, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Apa pekerjaan utama masyarakat pesisir

Soal: apa pekerjaan utama masyarakat pesisir

Jawaban: Nelayan, petani garam, dan petambak

Penjelasan:

 Masyarakat pesisir adalah masyarakat yang menetap dan secara langsung terlibat dalam pemanfaatan wilayah pesisir, mereka bermata pencaharian di daerah tersebut. Kebanyakan menggantungkan hidupnya pada sumber daya alam yang ada dan mereka dapat terdiri dari berbagai suku, budaya dan tingkat kehidupan yang berbeda.

Masyarakat pesisir dan masyarakat agraris mempunyai kesamaan tapi juga perbedaan. Masyarakat pesisir yang terlibat dalam usaha pembudidaya ikan dan rumput laut dapat digolongkan ke dalam usaha masyarakat pertanian (agraris) karena sifat sumberdaya yang dihadapi relatif sama.

Kesamaan itu terletak pada penentuan jumlah, tempat dan waktu pembudidayaan. Pembudidayaan ikan dilakukan dengan ditangkap sehingga pola panennya lebih terkontrol. Pola panen yang terkontrol disebabkan input yang juga terkontrol dimana jumlah input produksi (benih, makanan, teknik dan lainnya) sudah ditentukan untuk mencapai output yang diharapkan.

Baca juga : Sebutkan 3 upaya pelestarian laut agar terhindar dari pencemaran laut

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang apa pekerjaan utama masyarakat pesisir. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel sosial budaya berikutnya.

Don`t copy text!