Apa komponen pokok yang merupakan ciri khas pondok pesantren sebutkan

Apakah Anda sedang mencari Apa komponen pokok yang merupakan ciri khas pondok pesantren sebutkan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

apa komponen pokok yang merupakan ciri khas pondok pesantren sebutkan

soal: Apa komponen pokok yang merupakan ciri khas pondok pesantren sebutkan

jawaban:

Mengamalkan ajaran Islam dengan menekan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman sehari-hari. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Isalm yang didalamnya terdapat murid yang disebut santri dan dipimpin oleh seorang kiai.

Komponen-komponen pondok pesantren antara lain sebagai berikut:

Untuk lebih mendekatkan pemahaman terhadap pesantren pada pembahasan ini akan dikemukakan komponen-komponen pondok pesantren. Pesantren itu terdiri dari lima elemen pokok, yaitu: Kiai, santri, masjid, pondok dan pengajaran kitab-kitab klasik.

Kiai: Istilah kiai, Bindere, nun, ajengan dan guru adalah sebutan yang semula diperuntukan bagi para ulama tradisional dipulau jawa. Walaupun sekarang Kiai sudah digunakan secara umum bagi semua ulama baik tradisional maupun modern, dipulau jawa maupun diluar pulau jawa.

Kiai dapat juga dikatakan Tokoh non formal yang ucapan-ucapan dan seluruh prilakunya akan dicontoh oleh komunitas disekitarny. Kiai berfungsi sebagai sosok model atau teladan yang baik tidak saja bagi santrinya, tetapi juga bagi seluruh komunitas disekitar pesantren.

Santri: Santri sebagai elemen kedua dari kultur pesantren yang merupakan unsur pokok yang tidak kalah pentingnya dari keempat unsur lain. Biasanya santri terdiri dari dua kelompok. Pertama, Santri mukim: Ialah santri yang berasal dari daerah jauh dan menetap dalam pondok pesantren.

Kedua Santri kalong: Ialah santri-santri yang berasal dari daerah-daerah sekitar pesantren dan biasanya mereka tidak menetap dalam pesantren, mereka pulang kerumah masing-masing setiap selesai mengikuti suatu pelajaran di pesantren.

Masjid: Masjid sebagai unsur ketiga ialah sebagai pusat kegiatan ibadah dan belajar mengajar. Masjid merupakan sentral sebuah pesantren karena disinilah pada tahap awal bertumpu seluruh kegiatan dilingkungan pesantren, baik yang berkaitan dengan ibadah, shalat berjamaah, dzikir, wirid, doa, itikaf, dan juga kegiatan belajar mengajar.

Pondok: pondok adalah asrama bagi para santri merupakan ciri khas tradisi pesantren, yang membedakannya dengan sistem pendidikan lain. Ada tiga alasan utama kenapa pesantren harus menyediakan asrama bagi para santri,

pertama: Kemasyhuran seorang Kiai dan kedalaman pengetahuannya menggali ilmu dari kiai tersebut dengan baik dan teratur serta dalam waktu yang lama, para santri harus menetap di pondok.

Kedua: mayoritas pesantren berada di desa-desa dimana tidak ada perumahan yang cukup untuk menampung para santri, dengan demikian perlu adanya asrama khusus untuk menampungnya.

Ketiga : ada sikap timbal balik antara kiai dan santri, para santri menganggap kiai seolah-olah sebagai bapaknya sendiri dan juga sebaliknya. Sikap timbal balik ini menimbulkan keakraban dan kebutuhan untuk saling terus menerus satu sama lainnya.

Pengajaran kitab-kitab klasik, penggalian khazanah budaya Islam melalui kitab-kitab klasik salah satu unsur yang terpenting dari keberadaan sebuah pesantren, ini yang membedakannya dengan lembaga pendididkan lainnya. Pesantren sebagai lembaga pendididkan Islam tradisional tidak dapat diragukan lagi berperan sebagai pusat transmisi ilmu-ilmu ke Islaman, terutama yang bersipat kajian-kajian klasik.

Baca juga : Anggota tubuh dalam bahasa arab

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Apa komponen pokok yang merupakan ciri khas pondok pesantren sebutkan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.