Apa Itu Plimsoll Mark? Yang Biasa di Midship Kapal

Teknik Area, Apa Itu Plimsoll Mark Yang Biasa di Lambung Kapal – Tahukah anda apa itu Plimsoll Mark di kapal?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang arti plimsoll mark kapal. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai apa itu Plimsoll Mark secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Sejarah Lambang Plimsoll Mark

Samuel Plimsoll (1824-1898) adalah anggota Parlemen Inggris yang prihatin dengan hilangnya kapal dan awak karena overloading muatan pada kapal. Pada tahun 1876, dia Mengusulkan kepada Parlemen untuk meluluskan Kapal unseaworthy Bill, yang diamanatkan menandai sisi kapal dengan garis yang akan menghilang di bawah permukaan air apabila suatu kapal kelebihan muatan (overloading). Garis, juga dikenal sebagai tanda Plimsoll, yang ditemukan midship, sampai saat ini Plimsoll Mark masih digunakan oleh semua kapal di seluruh dunia.

Samuel Plimsoll lahir di Bristol dan segera pindah ke Whiteley Wood Hall, Sheffield, juga menghabiskan sebagian masa kecilnya di Penrith, Cumberland. Meninggalkan sekolah pada usia dini, dia menjadi pegawai di Rawson Brewery, dan bangkit untuk menjadi manajer.

Pada tahun 1853 ia berusaha untuk menjadi seorang pedagang batubara di London. Ia gagal dan berkurang menjadi kemelaratan. Ia sendiri menceritakan bagaimana untuk waktu ia tinggal di sebuah penginapan umum untuk tujuh shilling dan dua pence seminggu.

National Load Line atau Plimsol Line diciptakan oleh Samuel Plimsoll, biasanya ditempatkan di midships. Plimsol Mark ini menunjukkan batas-batas kapal boleh dimuat untuk jenis air dan suhu tertentu. juga untuk mengetahui batas air naik atau turun terhadap lambung. Temperature juga mempengaruhi laju kapal karena air hangat dapat mengurangi titik keseimbangan kapal,dimana air hangat kurang padat daripada air dingin. Salinitas air juga mempengaruhi level draft kapal.

Baca juga  Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal

Untuk kapal dengan Displacement Hull, kecepatan ditentukan oleh antara lain, tingginya permukaan air pada lambung kapal. Dan untuk sebuah kapal berlayar, tinggi permukaan air pada lambung kapal dapat mengubah secara signifikan heel sebuah kapal, dan secara dinamis dapat mempengaruhi kecepatan kapal.

Tujuan Plimsoll Mark

Tujuan dari PLIMSOL MARK adalah untuk memastikan bahwa Freeboard kapal telah cukup (ketinggian dari permukaan air ke geladak utama) dan dengan demikian memiliki daya apung yang cukup (misalnya, volume tertutup oleh daerah antara garis air dan dek utama). Freeboard untuk kapal komersial diukur dari antara titik terendah uppermost sampai ke permukaan air dan tidak boleh kurang dari freeboard yang telah ditandai pada Load Line Certificate yang dikeluarkan untuk kapal tersebut.

Semua kapal komersial, selain dalam keadaan luar biasa, memiliki simbol Load Line yang dicat pada bagian Midship di setiap sisi kapal. Simbol ini juga harus ditandai secara permanen, jadi jika cat abate tetap terlihat. Plimsol Mark memudahkan bagi siapa saja untuk menentukan apakah kapal itu kelebihan beban atau tidak. lokasi persis dari Load Line/Plimsol Mark dihitung dan/atau diverifikasi oleh Classification Societies yang mengeluarkan sertifikat yang relevan.

Di Negara Indonesia sendiri Plimsoll Mark Diartikan Sebagai Berikut :

Plimsoll Mark adalah sebuah tanda pada lambung kapal untuk membatasi draft maksimun sebuah kapal demi keamanan dan keselamatan kapal sesuai dengan daearah / musim dimana kapal tersebut berlayar.

apa itu plimsoll mark kapal
TFTropical, Fresh
LTFLumber, Tropical Fresh
LFLumber Fresh
LTLumber Tropical
LSLumber Sumber
LWLumber Winter
LWNALumber Winter North Atlantic
FFresh
TTropical
SSummer
WWinter
WNAWinter North Atlantic

Gambar Plimsoll Mark di Lambung Kapal

apa itu plimsoll mark kapal

Baca juga 7 Nama Merek Mesin Kapal Laut

Baca juga  Apa yang dimaksud dengan DWT, LWT, GT, NT Kapal

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang apa itu Plimsoll Mark pada lambung kapal atau di midship. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel teknik perkapalan berikutnya.

Leave a Comment