Apa fungsi imunitas seluler? Jelaskan komponen yang berperan dalam imunitas seluler

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Apa fungsi imunitas seluler? Jelaskan komponen yang berperan dalam imunitas seluler, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

❤Soal:

Apa fungsi imunitas seluler? Jelaskan komponen yang berperan dalam imunitas seluler

❤Jawaban:

Imunitas seluler adalah salah satu jenis sistem kekebalan tubuh yang berperan dalam melawan infeksi mikroorganisme intraseluler, seperti bakteri, virus, dan jamur. Imunitas seluler bekerja dengan cara mengenali dan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi oleh mikroorganisme tersebut.

Fungsi imunitas seluler adalah:

  • Melawan infeksi mikroorganisme intraseluler. Imunitas seluler berperan penting dalam melawan infeksi mikroorganisme yang dapat hidup dan berkembang biak di dalam sel tubuh, seperti bakteri, virus, dan jamur.
  • Mengembangkan kekebalan terhadap infeksi. Imunitas seluler juga berperan dalam mengembangkan kekebalan terhadap infeksi. Ketika tubuh terinfeksi oleh suatu mikroorganisme, imunitas seluler akan memproduksi sel-sel memori yang akan mengingat mikroorganisme tersebut. Sel-sel memori ini akan membuat tubuh lebih cepat dan lebih efektif melawan infeksi oleh mikroorganisme tersebut di masa mendatang.

Komponen yang berperan dalam imunitas seluler adalah:

  • Sel T. Sel T adalah jenis sel darah putih yang berperan penting dalam imunitas seluler. Sel T terdiri dari berbagai jenis, yaitu sel T penolong, sel T pembunuh, sel T memori, dan sel T regulator.
  • Makrofag. Makrofag adalah sel fagosit yang berperan dalam memakan dan menghancurkan mikroorganisme. Makrofag juga berperan dalam mempresentasikan antigen kepada sel T.
  • Sel NK (natural killer). Sel NK adalah jenis sel darah putih yang berperan dalam membunuh sel-sel yang terinfeksi oleh virus.
  • Komplemen. Komplemen adalah sistem protein yang berperan dalam menghancurkan mikroorganisme.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang komponen-komponen imunitas seluler:

Baca juga  Jenis sel dan fungsinya dalam respons imunitas yang paling benar adalah

Sel T

Sel T adalah jenis sel darah putih yang berperan penting dalam imunitas seluler. Sel T terdiri dari berbagai jenis, yaitu:

  • Sel T penolong. Sel T penolong berperan dalam mengaktifkan sel-sel imun lainnya, seperti makrofag dan sel NK.
  • Sel T pembunuh. Sel T pembunuh berperan dalam membunuh sel-sel yang terinfeksi oleh mikroorganisme.
  • Sel T memori. Sel T memori akan mengingat mikroorganisme yang pernah menginfeksi tubuh.
  • Sel T regulator. Sel T regulator berperan dalam mengontrol respons imun.

Makrofag

Makrofag adalah sel fagosit yang berperan dalam memakan dan menghancurkan mikroorganisme. Makrofag juga berperan dalam mempresentasikan antigen kepada sel T.

Sel NK (natural killer)

Sel NK adalah jenis sel darah putih yang berperan dalam membunuh sel-sel yang terinfeksi oleh virus.

Komplemen

Komplemen adalah sistem protein yang berperan dalam menghancurkan mikroorganisme. Komplemen bekerja dengan cara mengaktifkan enzim-enzim yang dapat merusak membran sel mikroorganisme.

Baca juga: Jelaskan cara kerja antibodi dalam menginaktivasi antigen