Apa arti kata khimarun dalam bahasa arab

Apakah Anda sedang mencari Apa arti kata khimarun dalam bahasa arab, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

apa arti kata khimarun dalam bahasa arab

soal: Apa arti kata khimarun dalam bahasa arab

jawaban: khimarun, asal katanya itu khimar…, yang artinya kerudung

pembahasan:

Memperbincangkan masalah kerudung atau banyak yang salah menyebutnya dengan Jilbab atau Hijab, ini saya punya cerita loh. Saat saya pergi ke kondangan nikah teman saya, saya bertemu dengan teman-teman lama saya, mereka pangling. Salah satu dari teman saya bertanya kepada saya, “Lho dephi sekarang jilbaban ya ?, jilbabmu apik (bhs. Indonesia : bagus)” wah ketika itu saya bingung jawabnya. Saya belum sepenuhnya berjilbab, tetapi saya berkerudung.

Oke deh, belajar dari pengalaman ya. Kita tahu lah yaa, pengalaman itu guru terbaik. Back to topic, kita sama sama belajar dulu ya membedakan Kerudung (Khimarun, bhs. Arab)Jilbab, dan Hijab. Lha kita belajarnya dari membaca postingan yang telah banyak membahasnya. Di sini saya hanya mengulas, menyimpulkan dan memberikan contoh ringan saja.

Dalam beberapa postingan yang telah saya baca dan buku yang saya lirik isinya, pastinya mengacu pada Ayat-ayat Suci Allah Swt di dalam Al Qur’an dan Hadits Nabi dan para Sahabat dapat disimpulkan pengertian dari HijabJilbab dan Kerudung (Khimarun/Khimar).

Yang pertama yaitu Hijab, Hijab memiliki pengertian penghalang atau sesuatu yang menghalangi. Contohnya, sebuah kain yang digunakan sebagai pembatas atau penghalang barisan sholat antara laki-laki dan perempuan dalam sebuah Surau atau langgar, atau mungkin di beberapa Mushola atau Masjid.

Kali ini mari kita kaitkan Hijab dengan obrolan kita. Jadi, Hijab merupakan penghalang yang digunakan untuk menghalangi tubuh atau aurat kita para Wanita. Fungsi Hijab sendiri menurut mbak Oki Setiana Dewi dalam bukunya Hijab I’m in love, yaitu “untuk melindungi diri kita, membantu memelihara mata laki-laki di luar sana untuk menahan pandangannya.

Sebab dengan begitu, matanya terbebas dari api neraka, kitapun selamat dari Azab sengsara” Aamiin semoga Allah Swt selalu memberikah Hidayah-Nya kepada kita, agar kita terjaga dan Istiqamah. Aamiin

Yang kedua yaitu Jilbab, berdasarkan yang telah saya baca Jilbab merupakan pakaian longgar yang menutupi bagian tubuh perempuan dari atas sampai bawah. Di sini saya sebutkan dalam QS. Al-Ahzab (33) : 59, “Wahai Nabi! Katakan kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.

Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. Sudah cukup jelas sepertinya, bisa dicontohkan seperti gamis Muslimah yang longgar dan lebar yang menutupi tubuhnya dan juga yang perlu diketahui yaitu tidak menampakkan lekukan atau bentuk tubuhnya.

Yang ketiga ini yang ditunggu-tunggu juga, Khimarun atau Khimar (bahasa Arab) dalam bahasa Indonesia disebut kerudung. Ya ini lah Kerudung atau Khimarun/Khimar yang digunakan untuk menutup bagian kepala yang dijulurkan hingga menutupi dada, yang telah banyak disama artikan dengan Hijab atau Jilbab.

Baca juga: Apa arti dari jamilatun

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Apa arti kata khimarun dalam bahasa arab. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Don`t copy text!